detikNews
Senin 25 Maret 2019, 20:06 WIB

Diduga Selundupkan Satwa ke Malaysia, 4 Orang Jadi Tersangka

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Diduga Selundupkan Satwa ke Malaysia, 4 Orang Jadi Tersangka Penyelundupan satwa langka digagalkan (Foto: dok. Istimewa)
Pekanbaru - Tim penegak hukum dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) menetapkan empat orang tersangka. Mereka disangkakan terkait penyelundupan 40 ekor satwa dilindungi.

"Penyidik pegawai negeri sipil (PPNS) Gakkum (penegakan hukum) KLHK sudah menetapkan (empat orang) sebagai tersangka dalam kasus penyelundupan satwa dilindungi," ujar Kepala Gakkum KLHK wilayah Sumatera Eduard Hutapea kepada wartawan, Senin (25/3/2019).

Penetapan tersangka itu dilakukan setelah gelar perkara dilakukan bersama Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau dan Polda Riau. Awalnya ada lima orang yang ditangkap. Tetapi, setelah gelar perkara itu, hanya empat orang yang ditetapkan sebagai tersangka dengan inisial SW (36), TR (20), AN (24), dan YA (29).

"Mereka semuanya warga dari Lampung yang membawa 40 ekor jenis satwa yang dilindungi. Dari jumlah itu, ada 38 ekor jenis unggas dan 2 ekor primata yang mau dibawa ke Malaysia," katanya.




Seorang lagi berinisial EF, disebut Eduard, merupakan saksi. EF disebut hanya membelikan tiket di pelabuhan.

"Untuk sementara inisial EF baru sebatas saksi karena perannya hanya membelikan tiket, meski kita duga dia ada keterkaitan dengan kejadian tersebut," kata Eduard.

Sebelumnya, penyelundupan satwa dilindungi ini digagalkan Bea dan Cukai serta TNI AL Dumai. Setelah mereka ditangkap, barang bukti dibawa ke BBKSDA Riau.
(cha/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed