Prediksi Hasil Akhir Pilpres Versi Charta: Jokowi dan Prabowo Selisih 20,4%

Ahmad Bil Wahid - detikNews
Senin, 25 Mar 2019 14:24 WIB
Jokowi Vs Prabowo (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jokowi Vs Prabowo (Foto: Edi Wahyono/detikcom)
Jakarta - Lembaga survei Charta Politika mengeluarkan prediksi akhir Pilpres 2019. Mereka memprediksi Joko Widodo (Jokowi)-Ma'ruf Amin menang atas Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Survei itu dilaksanakan pada 1-9 Maret 2019. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka terhadap 2.000 responden di 34 provinsi. Survei menggunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,19% dan tingkat kepercayaan 95%.


Dalam survei tersebut, Jokowi-Ma'ruf unggul dengan 53,6% sedangkan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno mendapat angka 35,4%. Sebanyak 11% responden tidak tahu atau tidak menjawab.

Dalam survei tersebut, dilihat dari hasil sebelumnya, tren elektabilitas kedua pasangan capres-cawapres meningkat. Charta Politika lantas melakukan ekstrapolasi sebagai prediksi akhir Pilpres 2019. Hasilnya, Jokowi-Ma'ruf menang atas Prabowo-Sandi.


"Dengan perolehan elektabilitas tersebut di atas, ketika dilakukan ekstrapolasi maka menghasilkan perolehan suara Joko Widodo-Ma'ruf Amin dipilih oleh (60,2%) mengungguli Prabowo Subianto-Sandiaga Uno (39,8%)," demikian rilis Charta Politika.

Untuk diketahui, survei Charta menampilkan tingkat kepuasan terhadap kinerja pemerintah pusat di bawah Joko Widodo-Jusuf Kalla tergolong cukup baik, stabil berkisar pada angka 65,9%. Tingkat kemantapan pilihan terhadap kandidat capres-cawapres sudah tergolong tinggi, berkisar pada angka 80%.



Elektabilitas Jokowi-Prabowo Semakin Menipis? Simak Videonya:

[Gambas:Video 20detik]

(gbr/imk)