DetikNews
Senin 25 Maret 2019, 05:09 WIB

PSI: Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi 'London Underground' di Jakarta

Danu Damarjati - detikNews
PSI: Presiden Jokowi Wujudkan Mimpi London Underground di Jakarta Tube di London (Fitraya Ramadhanny/detikcom)
Jakarta - Sekretaris Jenderal PSI Raja Juli Antoni alias Toni mengapresiasi peresmian Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta. Menurutnya, Presiden Joko Widodo (Jokowi) telah berhasil mewujudkan mimpi serupa yang dimiliki warga london satu setengah abad silam, bukan cuma beretorika.

"Rasanya, retorika tidak akan pernah bisa membenahi kota dan infrastuktur di Indonesia. Meski diberikan kesempatan 155 tahun lamanya," kata Toni lewat keterangan pers dari PSI, Senin (25/3/2019).

Kereta api bawah tanah atau London Underground disebut orang Inggris sebagai Tube. Peluncuran Tube pertama kali adalah tahun 1863. Antusiasmenya sama dengan antusiasme warga Jakarta saat pertama mencicipi MRT, padahal cuaca London kala itu sangat dingin.



"Tidak kurang dari 38.000 orang pada hari itu dengan riang gembira mencoba transportasi baru yang mengangkut mereka dari Paddington ke Farringdon," ujar Toni.

DKI Jakarta sebagai Ibu Kota Indonesia berhasil mewujudkan mimpi yang pada 155 tahun lalu peristiwa serupa pernah terjadi di London. Menurutnya, mimpi MRT di Jakarta bermula dari semangat Jokowi saat memimpin DKI Jakarta.

"Pada titik ini rakyat Jakarta tahu bahwa bebas macet bukan mimpi di siang bolong. Mereka sadar sekarang ada kehadiran pemerintah yang serius mengelola transportasi di Indonesia." kata Toni.


Simak Juga "MRT telah Beroperasi, Ingat-ingat Pesan Jokowi":

[Gambas:Video 20detik]


(dnu/eva)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed