DetikNews
Minggu 24 Maret 2019, 14:40 WIB

Penumpang MRT Tak Tertib, Bagaimana dengan LRT Palembang?

Raja Adil Siregar - detikNews
Penumpang MRT Tak Tertib, Bagaimana dengan LRT Palembang? Foto: Suasana di LRT Palembang (Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Perilaku sejumlah penumpang MRT di DKI Jakarta kini menjadi sorotan lantaran melakukan kegiatan bak sedang piknik seperti makan dan minum di dalam area stasiun. Bagaimana dengan penumpang LRT Palembang?

Dari catatan detikcom, perilaku serupa pernah terjadi di kereta LRT saat uji coba Juli 2018 lalu. Para penumpang yang tak tahu aturan makan atau minum di dalam kereta, sampahnya pun dibuang di dalam kereta.


Perilaku buruk itu ternyata terjadi selama kereta uji coba menjelang Asian Games. Petugas keamanan dan kebersihan pun tak bosan mengingatkan penumpangnya untuk tidak makan dan minum di kereta.

"Mungkin sama ya dengan MRT. Semua makan dan minum di dalam kereta, tapi petugas selalu ingatkan," terang Kepala Staisun LRT Cinde, Suwito saat ditemui di stasiun, Minggu (24/3/2019).

Selain makan dan minum, Suwito juga menyebut banyak penumpang kala itu yang duduknya sembarangan. Baik itu angkat kaki, tiduran sampai ada duduk santai di lantai.

"Waktu itu kan masih sepi, ya memang ada yang duduknya angkat kaki, duduk santai di lantai sampai tiduran. Karena masa uji coba kali ya dan LRT ini sama-sama kita ketahui sebagai transportasi pertama di Indonesia sebelum MRT di Jakarta," katanya.


Perilaku buruk itu, terjadi selama 2 bulan sejak beroperasi. Bahkan mereka yang menggunakan LRT mengaku tidak tahu ada larangan makan dan minum dalam kereta.

"Kalau kereta api biasa itu boleh makan atau minum, jadi mereka pikir LRT sama. Kita jelaskan, kita sosialisasikan setiap pertama kali naik dan sekarang mereka tertib. Butuh waktu sekitar 2 bulanlah," katanya.

"Sudah nggak ada lagi yang membuang sampah sembarangan. Termasuk untuk makan dan minum tidak ada lagi karena sudah tahu dan terbiasa," imbuh Suwito.


Tidak hanya itu, PT KAI selaku operator LRT Palembang memberlakukan aturan kepada seluruh penumpang menunggu LRT di ruang tunggu. 5 menit menjelang kereta datang, barulah penumpang bisa naik ke peron.

"Jalur kereta ini semua tegangan tinggi, jadi kita minta semua penumpang agar di ruang tunggu. Sekitar 5 menit jelang kedatangan kereta baru kita minta naik ke peron," kata Suwito.

Untuk diketahui, peresmian MRT Jakarta Fase I dilakukan Presiden Joko Widodo di kawasan Bundaran Hotel Indonesia pada Minggu (24/3) pagi. Di hari peresmian itu, layanan dari stasiun Lebak Bulus hingga ke stasiun Bundaran HI dimulai pukul 11.00-17.00 WIB dengan kuota 80 ribu penumpang.


Simak Juga "MRT telah Beroperasi, Ingat-ingat Pesan Jokowi":

[Gambas:Video 20detik]


(ras/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed