DetikNews
Sabtu 23 Maret 2019, 12:21 WIB

Mobil Pelat TNI di Acara Kampanye Prabowo, BPN Singgung Kampanye Jokowi

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Mobil Pelat TNI di Acara Kampanye Prabowo, BPN Singgung Kampanye Jokowi Foto: Habiburokhman (Nur Azizah Rizki Astuti/detikcom)
Jakarta - TNI masih menelusuri mobil berpelat nomor dinas yang mengangkut logistik kampanye Prabowo Subianto. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno akan mengecek kebenaran kabar tersebut.

"Kita akan cek dulu duduk persoalannya seperti apa, kami akan cari data yang A-1. Kalau memang melanggar ya tinggal ditertibkan saja sesuai ketentuan yang berlaku," kata anggota Direktorat Hukum dan Advokasi BPN, Habiburokhman, kepada detikcom, Jumat (22/3/2019).

Habiburokhman justru menyinggung penggunaan fasilitas kepresidenan dalam kampanye yang dilakukan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia meminta Bawaslu bertindak adil.

"Soal penindakan harus adil, sekarang banyak sekali pendukung kami yang mempertanyakan informasi soal penggunaan fasilitas kepresidenan untuk perjalanan yang juga berisi kampanye," sebutnya.

Habiburakhman enggan menjawan jika kadernya terbukti bersalah dalam pelibatan mobil berplat dinas TNI di acara kampanye Prabowo. "Kita nggak mau beranda-andai. Makanya kami cari faktanya dulu," ucapnya.

Sebelumnya, TNI telah melakukan pengecekan ke registrasi Mabes TNI. "Hasil dari pengecekan dari data yang ada di registrasi Mabes TNI, bahwa nomor tersebut betul nomor kendaraan yang ada di Mabes TNI, yang mana nomor tersebut adalah 3005-00," kata Danpuspom TNI Mayjen Dedy Iswanto dalam konferensi pers di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur, Jumat (22/3).

"Namun jenis kendaraannya tidak sesuai dengan registrasi yang ada di Mabes TNI, yang mana data di registrasi militer, berjenis Mitsubishi Lancer. Mungkin itu yang bisa saya klarifikasi," sambungnya.

Saat ini TNI tengah menelusuri soal berpindahnya pelat dinas untuk sedan Mitsubishi Lancer ke Mitsubishi Pajero. Dedy mengatakan TNI juga sedang mendalami bila memang ada anggota TNI yang terlibat.


Tonton juga video TKN dan BPN Sepakat Ciptakan Pemilu yang Berkualitas:

[Gambas:Video 20detik]


(fdu/rna)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed