detikNews
Kamis 21 Maret 2019, 17:11 WIB

Kepsek Diminta Ganti Dana BOS Rp 111 Juta yang Dirampok Kawanan Gembos Ban

Isal Mawardi - detikNews
Kepsek Diminta Ganti Dana BOS Rp 111 Juta yang Dirampok Kawanan Gembos Ban Foto: Ilustrasi oleh Edi Wahyono
Bekasi - Dinas Pendidikan Kota Bekasi angkat bicara terkait kasus perampokan dana BOS Rp 111 juta SDN Harapan Baru 3 yang dirampok kawanan modus gembos ban. Pihak Disdik meminta agar Kepsek SDN Harapan Baru 3 Rita Yulia mengganti dana BOS yang hilang itu.

"Yang jelas kan begini, menurut aturan itu korban harus ganti," ujar Sekretaris Disdik Kota Bekasi Inayatullah, ketika dihubungi wartawan, Kamis (21/3/2019).

Inayatullah merujuk aturan soal ganti rugi tersebut tertuang dalam UU RI No 17 tahun 2003 Pasal 1 ayat 1 dan pasal 35 ayat 1 tentang Keuangan Negara. Inayatullah mengatakan Rita telah melaporkan pencurian tersebut kepada Disdik Kota Bekasi.

"Dia kan laporan, kita tindaklanjuti. Kita laporan ke inspektorat nanti inspektorat yang akan mengklarifikasi dan investigasi," ujar Inayatullah.

Sementara belum diputuskan berapa uang yang harus diganti oleh Rita akibat kejadian itu. Keputusan besaran ganti rugi tersebut ada di tangan inspektorat.



"Bisa saja nanti ganti rugi berapa persen atau ganti rugi bertahap, atau gimana nanti yang punya kewenangan itu inspektorat," ujar Inayatullah.

Sebelumnya diberitakan, Rita dirampok oleh kawanan pencuri bermodus gembos ban di Jalan KH Tabrani, Margamulya, Bekasi Utara, Kota Bekasi, Senin (18/3) pukul 11.00 WIB. Saat itu, Rita baru menghadiri rapat di PGRI setelah sebelumnya pergi ke Bank BJB Jalan Ir H Juanda Kota Bekasi usai mencairkan dana BOS Rp 121 juta.

Namun, Rp 10 juta diambil oleh bendaharanya untuk keperluan lain dan sisanya dibawa oleh Rita. Dalam perjalanan kembali ke sekolahnya, ban mobil Honda Jazz milik Rita tiba-tiba mengalami gembos.

Rita kemudian menepikan mobilnya di tukang tambal ban. Ketika dia turun dari mobil, dia tidak menyadari bahwa mobilnya sudah diikuti oleh pelaku.

Ketika Rita mengecek ban kiri mobil yang gembos, pelaku mengambil tasnya yang berisi uang. Kejadian ini baru ia ketahui setelah seorang driver ojek online memberitahunya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed