DetikNews
Kamis 21 Maret 2019, 15:05 WIB

Tak Kunjung Dieksekusi, Ini Para Terpidana Mati yang Bisnis Narkoba Lagi

Andi Saputra - detikNews
Tak Kunjung Dieksekusi, Ini Para Terpidana Mati yang Bisnis Narkoba Lagi Ola (dok.detikcom)
Jakarta - Kejaksaan Agung (Kejagung) hingga kini belum melakukan eksekusi mati lagi. Alhasil, para terpidana mati terus mengendalikan bisnis narkoba dari balik penjara.

Berikut sebagian para terpidana mati yang tidak kunjung dieksekusi mati dan melakukan lagi kejahatannya, sebagaimana dirangkum detikcom, Kamis (21/3/2019):

1. Efendi Salim Ginting
Efendi Salam Ginting kembali ditangkap BNN karena bisnis narkoba Malaysia-Sumut. Dari kasus itu, didapati bukti 8 kg sabu.

Saat ini, statusnya terpidana mati kasus impor sabu 10 kg. Ia menggerakkan anak buahnya untuk mengambil sabu dari Malaysia.


2. Togiman alias Toge
Togiman merupakan terpidana mati. Karena tidak kunjung dihukum mati, Toge kembali menyelundupkan 25 kg sabu dari Malaysia pada Mei 2017. Lagi-lagi, ia dihukum mati.

3. Ola
Ola dihukum mati pada 2005. Bersama saudaranya, Rani (telah dieksekusi mati), mereka hendak membawa heroin ke Inggris.

Pada 2011, Ola diberi ampunan oleh SBY dan hukumannya diubah menjadi penjara sumur hidup. Namun, hal itu tidak membuat Ola bersyukur. Ia tetap mengendalikan bisnis narkoba. Akhirnya MA kembali menjatuhkan hukuman mati.

"Terdakwa tidak jera meskipun pernah dihukum mati dan masih tetap berbisnis narkotika di dalam Lembaga Pemasyarakatan, sedangkan terdakwa sebelumnya cukup waktu untuk memperbaiki diri serta seharusnya terdakwa berterimakasih kepada Tuhan atas grasi yang diberikan Kepala Negara dari hukum mati menjadi hukuman seumur hidup," papar majelis dengan anggota Sumardjiatmo dan Margono dengan suara bulat


4. Benny Sudrajat
Benny dihukum mati karena membangun pabrik terbesar ketiga di dunia yang berlokasi di Tangerang. Selain Benny, 8 lainnya juga dihukum mati, yaitu:

1. Iming Santoso alias Budhi Cipto
2. WN China Zhang Manquan
3. WN China Chen Hongxin
4. WN China Jian Yuxin
5. WN China Gan Chunyi
6. WN China Zhu Xuxiong
7. WN Belanda Nicolas
8. WN Prancis Serge

Benny kemudian dijebloskan ke LP Nusakambangan. Tapi ia tidak kapok dan menggerakkan anak buahnya membangun pabrik narkoba lagi. Benny lalu diadili lagi dan kembali dijatuhi hukuman mati. Hingga kini, Benny belum dieksekusi mati.

5. Amir Aco
Hukuman mati pertama aco diterima pada 2005 silam. Ia terbukti menjadi bandar 1,3 kg sabu.

Setelah dijatuhi hukuman mati, ia kembali mengedarkan narkoba pada 2017. Ia kemudian kembali dihukum mati pada 2018. Hinggi kini, ia juga belum dieksekusi mati.


(asp/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed