DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 19:44 WIB

Periksa Mendes, Bawaslu Konfirmasi Foto Deklarasi dan Permohonan Cuti

Dwi Andayani - detikNews
Periksa Mendes, Bawaslu Konfirmasi Foto Deklarasi dan Permohonan Cuti Rahmat Bagja (Tsarina/detikcom)
Jakarta - Bawaslu menggelar sidang pemeriksaan Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo terkait dugaan pelanggaran pemilu. Bawaslu mengatakan sidang ini dilakukan untuk mengkonfirmasi alat bukti.

"Sudah masuk sidang, kita hanya konfirmasi alat bukti kok, dihadiri Pak Menteri," ujar anggota Bawaslu Rahmat Bagja di kantor Bawaslu, Jl MH Thamrin, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).

Bagja mengatakan terdapat beberapa bukti yang dimintakan konfirmasi. Barang bukti dimaksud terkait surat permohonan cuti, foto Eko pada saat acara deklarasi, hingga mengkonfirmasi kegiatan yang dilakukan.

"Pertama surat permohonan cuti, kedua foto Pak Menteri (Eko) pada saat acara, kemudian foto-foto Pak Menteri di acara deklarasi, terus konfirmasi kegiatan Pak Menteri di Sultra," kata Bagja.




Dia menyebut nantinya sidang akan dilanjutkan pada Jumat (22/3) dengan agenda pemeriksaan saksi. Bagja mengatakan saksi yang diperiksa merupakan saksi pelapor.

"Agenda selanjutnya sidang pembuktian hari Jumat, pemeriksaan saksi-saksi dari pelapor karena Pak Menteri tidak mengajukan saksi," kata Bagja.

Menurut Bagja, dugaan pelanggaran ini tidak ditindak oleh Gakkumdu karena tidak adanya unsur pidana. Dia mengatakan nantinya Bawaslu akan memberikan putusan pada 26 Maret 2019.

"Nggak ke Gakkumdu, pidananya tidak ada. Putusan maksimal akan dilakukan pada 26 Maret 2019," tuturnya.




Sebelumnya, pemeriksaan dilakukan karena adanya dugaan pelanggaran kampanye yang dilakukan Eko. Pelanggaran tersebut terkait dengan kampanye yang dilakukan tanpa cuti.

Dugaan pelanggaran ini merupakan hasil temuan Bawaslu. Kampanye tanpa izin ini diduga dilakukan Eko di Sulawesi Tenggara (Sultra) pada 22 Februari 2019.
(dwia/zak)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed