DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 16:45 WIB

Rencana Revitalisasi PIK Cakung, Sandiaga Harap UMKM Go International

Indra Komara - detikNews
Rencana Revitalisasi PIK Cakung, Sandiaga Harap UMKM Go International Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno. (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta - Cawapres nomor urut 02 Sandiaga Uno berencana merevitalisasi kawasan Perkampungan Industri Kecil (PIK), Cakung, Jakarta Timur. Harapannya, UMKM bisa go international.

"Kita memiliki target dari program revitalisasi ini bisa menciptakan 2 juta lapangan kerja yang akan hadir dari 2 juta pengusaha baru. Harus go international karena ini nggak kalah lihat dari hasil-hasilnya semua PIK ini terkenal produknya dulu," kata Sandiaga di Jalan Penggilingan Blok C, Cakung, Jakarta Timur, Rabu (20/3/2019).

"Setiap ada tamu negara dibawanya ke sini, melihat hasil kerajinan industri kecil ini mampu menciptakan pasar global, ada kopi, kopi solok, kopi di seluruh Nusantara ditawarkan, itu juga bisa go international," tambahnya.

Sandiaga juga mengatakan program OK OCE diminati di PIK. Dia berharap pemberdayaan ekonomi rakyat bisa berpihak menciptakan lapangan kerja.




"Saya harapkan ini juga jadi basis pemberdayaan ekonomi rakyat lebih berpihak pada penciptaan peluang lapangan kerja buat masyarakat, khususnya yang ada di ekonomi terbawah," tuturnya.

Mantan Wagub DKI ini juga mengharapkan kerja sama dari Pemprov DKI untuk merealisasi revitalisasi kawasan PIK apabila menang Pilpres 2019. Sebab, menurutnya, 97 persen lapangan kerja di RI lahir dari sektor UMKM.

"Ini adalah ekonomi rakyat yang sesungguhnya di mana lapangan kerja tercipta di sini, 97 persen lapangan kerja di UMKM. Dan kita harapkan dengan satu semangat perubahan kita bisa mewujudkan harapan masyarakat," ucap Sandiaga.

"Kalau lihat PIK pada akhir Ramadan tuh penuh sekali, semua rakyat ke sini sebelum pulang Lebaran. Bisa dilakukan setiap bulan, nggak harus Ramadan, Pemprov DKI juga harus kerja sama dengan pusat," sambung Sandiaga.



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu. Klik di sini




(idn/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed