DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 16:32 WIB

TKN Jokowi: Jangan Sampai Survei Beri Argumen untuk Delegitimasi Pemilu

Yulida Medistiara - detikNews
TKN Jokowi: Jangan Sampai Survei Beri Argumen untuk Delegitimasi Pemilu Diskusi 'Mengukur Berbagai Hasil Survei'. (Yulida Medistiara/detikcom)
Jakarta - TKN Jokowi-Ma'ruf Amin menyambut baik hasil survei beberapa lembaga survei yang mengunggulkan pasangan capres-cawapres mereka dari Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Namun yang TKN harapkan, jangan sampai survei memunculkan opini untuk mendelegitimasi pemilu.

"Berbagai macam hasil tersebut kemudian didukung dengan adanya ekosistem di dalam media sosial yang cukup liberal itu, ada satu hal yang kemudian cukup berbahaya kalau saya simpulkan. Jangan sampai suatu hasil survei kemudian bergulir di masyarakat, bergulir di medsos, kemudian melahirkan argumen-argumen pandangan yang cukup ekstrem berujung kepada upaya delegitimasi terhadap proses elektoral pemilu ini," ujar Jubir TKN Jokowi-Ma'ruf, Garda Maharsi, dalam diskusi 'Mengukur Berbagai Hasil Survei' di Gado-Gado Boplo, Cikini, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).


"Poinnya adalah jangan sampai kemudian survei menghasilkan argumentasi untuk mendelegitimasi hasil pemilu. Yang kita jaga dan rawat bareng-bareng," imbuhnya.

Ia meminta masyarakat menjaga dan mengawal proses demokrasi ini. Menurutnya, jangan sampai dari hasil survei tersebut disusun opini untuk mendelegitimasi pemilu.


"Kita berusaha membangun demokrasi yang berkeadaban dari waktu ke waktu. Jangan sampai kemudian hasil survei tersebut diolah sedemikian rupa karena itu bisa diakses masyarakat, justru malah ada argumentasi-argumentasi untuk berusaha mendelegitimasi hasil pemilu," ujar caleg PDIP ini.

Garda mengatakan, menanggapi hasil survei, TKN Jokowi-Ma'ruf juga melakukan beberapa upaya untuk mengamankan suara pemilih. Ia menyebut tim internal menempuh langkah koreksi untuk meningkatkan elektabilitas.
(yld/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed