DetikNews
Rabu 20 Maret 2019, 15:56 WIB

KPU Kirimkan Pengganti Surat Suara Rusak

Dwi Andayani - detikNews
KPU Kirimkan Pengganti Surat Suara Rusak Komisioner KPU, Ilham Saputra (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah mengganti surat suara rusak di beberapa daerah. KPU telah bertindak cepat mengantisipasi surat suara rusak.

"Beberapa daerah sudah kami kirimkan pengganti surat suara yang rusak, sudah dengan cepat kami antisipasi," ujar komisioner KPU, Ilham Saputra, di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/3/2019).


Ilham mengatakan beberapa contoh surat suara yang rusak di antaranya sobek karena perjalanan hingga bercak tinta. Namun Ilham meyakinkan agar masyarakat tidak khawatir terkait hal tersebut karena pihaknya telah mengganti surat suara itu.

"Jadi tentu saja tidak perlu khawatir, sampai saat ini belum ada yang terlalu luar biasa. Paling ada beberapa ratus rusak, ada yang bilang bisa saja sobek karena dalam perjalanan atau kemudian ada bercak bekas tinta itu segera kami ganti nggak ada masalah," ujar Ilham.

Ilham menyebut pihaknya mengetahui surat suara rusak ini dari KPU tingkat provinsi dan kabupaten/kota. Menurutnya, saat ini KPU masih merekap laporan terkait surat suara rusak.

"Kami kan mendapatkan surat resmi dari provinsi, setelah provinsi mendapatkan laporan dari Kabupaten/kota dan kita langsung menyikapi," kata Ilham.

"Nah itu laporan-laporan itu masuk terus, sedang kami rekap," sambungnya.

Sebelumnya, ratusan ribu surat suara di Jawa Barat mengalami kerusakan. Bawaslu menyebut kerusakan kebanyakan diakibatkan kesalahan pencetakan.

Komisioner Bawaslu Bidang Pengawasan Zaki Hilmi mengatakan terdapat ratusan ribu surat suara Pemilu 2019 yang ditemukan rusak di Jawa Barat. Jumlah tersebut terdiri dari surat suara Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden (PPWP), DPD, DPR RI, DPRD Provinsi, dan DPRD Kabupaten/Kota.

"Rinciannya, 25.195 PPWP, 20.672 surat suara DPD, 43.801 DPR RI, 46.542 DPRD Provinsi, dan 20. 277 surat suara DPRD Kabupaten/Kota yang rusak. Jika ditotal mencapai 156.487 surat suara yang rusak," ujar Zaki dalam konferensi pers yang digelar Bawaslu Jabar di Hotel Harmoni Garut, Jalan Cipanas Baru, Tarogong Kaler, Senin (18/3) malam.


Saksikan juga video 'Polda Jabar Pastikan Proses Pelipatan Surat Suara Pemilu Lancar':

[Gambas:Video 20detik]


(dwia/aan)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed