DetikNews
Selasa 19 Maret 2019, 10:29 WIB

Ditemukan Tewas Terapung, Pria di Sumsel Ini Ternyata Dibunuh Istri

Raja Adil Siregar - detikNews
Ditemukan Tewas Terapung, Pria di Sumsel Ini Ternyata Dibunuh Istri Pelaku pembunuhan Sophi'i ditangkap. Salah satu pelaku merupakan istri korban. (Foto: Dok. Istimewa)
Palembang - Pelaku pembunuhan Sophi'i (45), yang ditemukan tewas di aliran sungai di daerah Ogan Komering Ulu (Oku) Timur, Sumatera Selatan, ditangkap. Salah satu pelaku diketahui sebagai istri korban.

"Dua pelaku pembunuhan korban Sophi'i sudah ditangkap. Seorang pelaku adalah istri korban," terang Kapolres OKU Timur AKBP Erlintang Jaya ketika dimintai konfirmasi detikcom, Selasa (19/3/2019).


Adapun kedua pelaku lainny adalah Haryono (34) dan Darni (29). Darni merupakan istri sah korban yang ikut melakukan pembunuhan dan membuang mayat Sophi'i di anak Sungai Burai, OKU Timur.

"Istrinya juga terlibat dalam pembunuhan berencana dan sekarang terancam Pasal 340 KUHP, ancaman hukuman mati. Para pelaku mengakui perbuatannya," sambung Erlin.

Dikatakan Erlin, insiden pembunuhan ini terjadi pada Jumat (15/3) lalu sekitar pukul 20.30 WIB. Korban yang melintasi jembatan Burai bersama Darni tiba-tiba dihadang pelaku Haryono.


Tanpa basa-basi, Haryono pun langsung memukul kepala korban beberapa kali hingga tewas. Selanjutnya mayat korban dibuang ke sungai dan ditemukan warga 2 hari kemudian sudah terapung.

"Setelah penemuan mayat warga semua tahu dan kenal dengan korban, langsung kami interogasi istrinya. Usut punya usut, ternyata istri terlibat pembunuhan suami sendiri bersama Haryono," kata Erlin.


Polisi kemudian memburu Haryono dan dia ditangkap di Karang Mulya, OKU Timur. Karena mencoba kabur, pelaku akhirnya ditembak di kaki kanan.

"Kedua pelaku saat ini masih diperiksa di polsek untuk motif dan alasan keduanya membunuh korban. Adapun barang bukti yang diamankan ada sepeda motor, kayu dan peralatan lain yang digunakan untuk menghabisi si korbannya," tutup mantan Kasubdit III Jatanras Polda Sumsel ini.
(ras/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed