DetikNews
Senin 18 Maret 2019, 15:53 WIB

BNPB: Gunung Cycloop Jayapura Dirusak Jadi Permukiman

Yulida Medistiara - detikNews
BNPB: Gunung Cycloop Jayapura Dirusak Jadi Permukiman Sisa-sisa banjir bandang Sentani. (Wilpret Siagian/detikcom)
FOKUS BERITA: Banjir Bandang Sentani
Jakarta - BNPB menduga kerusakan Pegunungan Cycloop di Jayapura, Papua, menjadi penyebab banjir bandang Sentani. Pegunungan yang seharusnya jadi resapan air itu malah dirusak untuk dibikin permukiman hingga pertanian.

"Kerusakan di Pegunungan Cycloop ternyata sudah berlangsung sejak 2003. Perambahan cagar alam oleh 43.030 jiwa atau 753 keluarga sejak 2003. Terdapat penggunaan lahan permukiman dan pertanian lahan kering campur pada DTA (DAS sentani) banjir 2.415 hektare," ucap Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho di Graha BNPB, Jakarta, Senin (18/3/2019).



Perusakan di pegunungan yang terkenal dengan batu cyloop ini bahkan masih berlangsung. Kerusakan alam inilah, menurut Sutopo, yang menjadi salah satu pemicu banjir di Sentani dan tanah longsor di Kota Jayapura.

"Masih berlangsung penebangan pohon untuk pembukaan lahan dan perumahan dan kebutuhan kayu dan penambangan galian C," kata Sutopo.

Akibat hujan deras, aliran sungai tidak mampu menampung air. Kondisi topografinya di bagian hulu agak curam, sedangkan di bagian hilir, yang merupakan Kecamatan Sentani dan sembilan kelurahan terdampak banjir, memiliki topografi datar hingga landai.

Sutopo mengatakan batuan-batuan penyusun yang ada di sana termasuk jenis batuan remah, mudah tererosi, dan mudah longsor. Karena itu, ketika terjadi hujan deras, ada kemungkinan terjadi longsor dan membentuk bendung alami yang jebol saat hujan ekstrem.
(yld/rvk)
FOKUS BERITA: Banjir Bandang Sentani
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed