DetikNews
Minggu 17 Maret 2019, 12:27 WIB

Jadwal Debat Cawapres dan Hal-hal Baru Saat Ma'ruf Amin Vs Sandiaga

Tim detikcom - detikNews
Jadwal Debat Cawapres dan Hal-hal Baru Saat Maruf Amin Vs Sandiaga Banner debat cawapres Ma'ruf Amin Vs Sandiaga Uno. (Farih Maulana Sidik/detikcom)
Jakarta - Debat cawapres yang menghadirkan Ma'ruf Amin dan Sandiaga Uno akan digelar malam ini. Berikut ini jadwal debat cawapres dan hal-hal baru yang membedakan debat ketiga ini dengan dua debat sebelumnya.

Debat cawapres digelar di Hotel Sultan, Jakarta, Minggu (17/3/2019), pukul 20.00 WIB. Debat ini akan disiarkan secara langsung di stasiun televisi Trans TV, Trans 7, CNN TV Indonesia, dan detikcom.


Ma'ruf dan Sandiaga akan beradu pandangan mengenai isu pendidikan, kesehatan, ketenagakerjaan, sosial, dan budaya. Berikut ini hal-hal yang perlu Anda ketahui mengenai debat cawapres malam ini:

1. Hanya Diikuti Ma'ruf dan Sandiaga

Berbeda dari 2 edisi sebelumnya, debat ketiga disiapkan khusus bagi kedua cawapres untuk menyampaikan gagasannya. Artinya, capres Joko Widodo (Jokowi) dan capres Prabowo Subianto 'istirahat' alias tidak ikut naik ke panggung debat.

2. Moderator dan Panelis Debat

Moderator pada debat cawapres tetap berjumlah 2 orang. Kali ini, yang bertindak sebagai moderator adalah Alfito Deannova dan Putri Ayuningtyas.

Sedangkan ada 9 orang yang menjadi panelis, sesuai dengan keahlian dan disiplin ilmu masing-masing. Berikut ini daftar panelis debat cawapres:

- Prof Dwia Aries Tina Pulubuhu, Rektor Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar periode 2018-2022 dan Guru Besar Sosiologi Unhas.
- Prof Dr Chairil Effendy MS, Rektor Universitas Tanjungpura (Untan) Pontianak periode 2007-2011, Profesor Sastra Untan (bidang sastra Nusantara, pegiat budaya).
- Prof Dr Ir Samsul Rizal MEng Rektor Unsyiah periode 2018-2022 (periode kedua).
- Rektor UIN Sunan Kalijaga Prof KH Yudian Wahyudi.
- Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sumatera Utara, Prof Subhilhar, MA, Ph.D.
- Sastrawan dan budayawan, Radhar Panca Dahana.
- Direktur Eksekutif Migrant Care, Anis Hidayah.
- Ketua Majelis Kolegium Kedokteran Indonesia (MKKI periode 2018-2021) yang juga dosen Universitas Airlangga, Prof Dr David S Perdanakusuma dr Sp BP-RE(K).
- Rektor Universitas Diponegoro periode 2019-2024, Prof H Yos Johan Utama SH M.Hum.


3. Jumlah Kursi Undangan Dikurangi

Dalam debat capres sebelumnya, total jumlah kursi undangan adalah 600 kursi. Terdiri atas 320 tamu KPU dan 280 untuk tim kampanye. Untuk malam ini, KPU mengurangi jumlah kursi undangan dalam cawapres. Sementara itu, total kursi yang tersedia sebanyak 450.

"Kita akan kita kurangi separuh dari yang kemarin itu. (Dapat) sekitar 75 orang tiap paslon," ujar Ketua KPU Arief Budiman di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (26/2).

4. Tak Ada Sesi Pemutaran Video

Dalam debat sebelumnya, KPU memutar video bagi capres dalam segmen keempat debat. Capres nantinya diminta menanggapi permasalahan yang terjadi dalam video tersebut.

KPU kemudian mengubah metode untuk debat cawapres dengan menghilangkan sesi pemutaran video. Alasannya, pemutaran video ini dihilangkan karena tidak adanya catatan dari tiap timses paslon

"Kita akan ubah terkait dengan metode penyampaian pertanyaan melalui gambar film. Ya, artinya pertanyaan akan disampaikan oral, bukan dengan film, dengan gambar," ujar Arief Budiman.

5. Dibentuk Komite Damai

Untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, KPU membentuk Komite Damai untuk membantu ketertiban suasana debat cawapres 2019. Komite Damai akan berkeliling saat debat berlangsung.

Dari data KPU, anggota Tim Komite Damai berisi Komisioner KPU Wahyu Setiawan dan anggota Bawaslu Mochammad Afifudin. Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf diwakili Direktur Program TKN Aria Bima dan Gugus Tugas Khusus TKN Rizal Malarangeng. Sedangkan dari Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga diwakili anggota BPN Putra Jaya Husein serta seorang anggota Direktorat Media dan Komunikasi BPN.

"Mereka akan ditempatkan di titik-titik tertentu, ada yang di pintu masuk. Saat pelaksanaan mereka akan mobile," ujar Arief Budiman di kantor KPU, Jumat (15/3).

6. Berisi 6 Segmen

Dalam susunan acara yang didapat detikcom, debat cawapres akan berisi 6 segmen. Seperti ini susunan per segmennya:
-Segmen pertama: Pemaparan visi-misi masing-masing cawapres.
-Segmen kedua: Moderator akan terlebih dulu membuka dengan memperkenalkan 9 panelis. Dilanjutkan debat dengan tema pendidikan dan kesehatan, segmen kedua ini akan dilakukan 22 menit 20 detik.
-Segmen ketiga: Debat akan dilakukan dengan tema ketenagakerjaan dilanjutkan sosial budaya. Segmen ketiga ini durasi akan dilakukan selama 19 menit 50 detik.
-Segmen keempat dan kelima: Sesi debat bebas antar-cawapres, cawapres akan memberikan masing-masing pertanyaan. Durasi segmen keempat dan kelima ini akan dilakukan dengan durasi 18 menit 30 detik.
-Segmen keenam: Sesi pernyataan penutup. Masing-masing cawapres akan melakukan pernyataan penutupnya dengan durasi 11 menit 30 detik.



Simak video Kawal Debat Cawapres, 5.000 Personel Polisi Dikerahkan:

[Gambas:Video 20detik]


(dkp/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed