DetikNews
Sabtu 16 Maret 2019, 08:16 WIB

Ma'ruf Bakal Bicara Manfaat 3 'Kartu Sakti' Baru di Debat Cawapres

Yulida Medistiara - detikNews
Maruf Bakal Bicara Manfaat 3 Kartu Sakti Baru di Debat Cawapres Ma'ruf Amin (Zacky/detikcom)
Jakarta -
Cawapres Ma'ruf Amin bakal bicara soal manfaat tiga 'kartu sakti' baru dalam debat ketiga mendatang. 'Kartu sakti' pertama yang bakal dijelaskan adalah Kartu Pra-Kerja.

"Kami akan menyampaikan upaya serius pemerintahan Jokowi dalam menciptakan ketersediaan lapangan kerja dan upaya mendorong agar anak-anak muda terampil, memiliki skill, dan upskilling dengan berbagai program pelatihan keterampilan. Salah satunya adalah program Kartu Pra-Kerja," kata Jubir TKN Ace Hasan Syadzily saat dihubungi, Sabtu (16/3/2019).

Ace mengatakan Ma'ruf akan menjelaskan para pemegang Kartu Pra-Kerja itu nantinya bakal diberikan pelatihan dan pendidikan keterampilan kerja sesuai dengan kebutuhan industri. Kartu Pra-Kerja ini juga disebut bakal meningkatkan kapasitas berwirausaha bagi para pemegangnya.


"Para pemegang kartu nantinya diberikan pelatihan dan pendidikan vokasi, keterampilan kerja sesuai yang dibutuhkan oleh dunia industri atau kebutuhan masyarakat. Bahkan, para pemegang Kartu Pra-Kerja ini juga dapat meningkatkan kapasitas berwirausaha. Melalui pelatihan itu kami akan menghubungkan dengan akses permodalan. Mereka akan didorong untuk memiliki kemandirian ekonomi," ujar Ace.

Selanjutnya, Ma'ruf juga akan bicara soal SDM (sumber daya manusia) premium. Dia menyebut SDM premium ini adalah SDM yang memiliki keunggulan yang dihasilkan dari perguruan tinggi yang berkualitas.


"Pemerintahan Jokowi lima tahun ke depan akan terus meningkatkan dana abadi untuk pendidikan dan penelitian. Saat ini kita telah memiliki Rp 66,1 triliun untuk dana abadi pendidikan dan akan terus ditingkatkan hingga mencapai Rp 100 triliun dalam 5 tahun ke depan. Kita telah memulai dengan Rp 1 triliun dana penelitian abadi. Ke depan ini akan kita tingkatkan hingga mencapai Rp 50 triliun dana abadi penelitian," tutur Ace.

Pada bidang pendidikan inilah Ma'ruf bakal bicara soal manfaat Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Dia juga menyatakan Ma'ruf bakal menyampaikan manfaat program Kartu Sembako Murah hingga peningkatan pelayanan kesehatan.


"Juga pemerintah telah melakukan upaya serius pembangunan puskesmas, telah hampir 3.000 puskesmas terakreditasi baik, di samping juga melakukan pendekatan preventif dalam konteks kesehatan, mendorong budaya sehat sebagai tindakan preventer," ujar Ace.

Debat ketiga pilpres yang mengangkat topik ketenagakerjaan, kesehatan, pendidikan, serta sosial dan budaya ini hanya diikuti oleh cawapres. Debat bakal digelar pada 17 Maret 2019 di The Sultan Hotel, Jakarta Pusat dan akan disiarkan secara langsung di Trans TV, Trans 7, CNN Indonesia TV, dan detikcom.

(yld/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed