DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 21:10 WIB

Kena OTT KPK, Kakanwil Kemenag Jatim Dilantik Menag 5 Maret 2019

Fajar - detikNews
Kena OTT KPK, Kakanwil Kemenag Jatim Dilantik Menag 5 Maret 2019 Salah satu bangunan gedung Kemenag (Gedung Kemenag/Istimewa)
Jakarta - Kakanwil Kemenag Jawa Timur Haris Hasanudin juga ditangkap KPK dalam OTT yang melibatkan Ketum PPP Romahurmuziy. Haris baru saja dilantik Menag Lukman Hakim Saifudin pada 5 Maret 2019.

Merujuk pada keterangan di situs Kemenag, Haris dilantik langsung oleh Lukman pada 5 Maret di kantor pusat Kemenag, Jumat (15/3/2019). Ada 14 pejabat eselon yang turut dilantik.

Kepada pejabat yang dilantik, Lukman berpesan untuk selalu memegang teguh integritas dan menjauhi segala bentuk penyimpangan.

Dalam kesempatan itu, Lukman juga meminta pejabat eselon I dan II senantiasa mengejawantahkan tiga mantra yang telah dikukuhkan, yaitu: moderasi beragama, selalu menjaga kebersamaan umat, dan melakukan integrasi data. "Kepada saudara yang baru saja dilantik, saya titipkan untuk senantiasa menjaga nama baik Kementerian Agama," pesan Lukman.

Belum juga bulan berganti, Haris tersandung kasus. Dia ditangkap penyidik KPK dalam kasus pengisian jabatan.



Kepala Humas dan Informasi Kemenag Mastuki kepada detikcom mengatakan untuk pejabat eselon II, pengisian jabatan melalui persetujuan Menteri Agama. Namun, menurutnya, nama-nama yang masuk ke Menteri pasti sudah memenuhi syarat.

"Oh iya, untuk eselon II terutama itu memang persetujuan Menag, setelah proses yang tadi dilakukan secara terbuka, transparan, Pak Menteri menetapkan mana yang memenuhi syarat. Yang masuk Menag kan pasti sudah memenuhi syarat," ujar Mastuki.
(fjp/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>