DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 15:11 WIB

Jokowi Kecam Keras Penembakan di Masjid Selandia Baru

Ray Jordan - detikNews
Jokowi Kecam Keras Penembakan di Masjid Selandia Baru Presiden Jokowi (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menanggapi soal aksi penembakan jemaah di Masjid Al Noor di Christchurch, Selandia Baru. Jokowi mengecam keras aksi penembakan tersebut.

Jokowi mengatakan dirinya sudah mendapatkan laporan mengenai aksi penembakan jemaah di dalam masjid tersebut dari Menteri Luar Negeri Retno LP Marsudi. Namun Jokowi mengatakan Indonesia akan memastikan lebih dulu detail aksi penembakan itu, termasuk soal adanya WNI di dalam masjid tersebut.

"Tadi saya sudah dapat laporan dari Menlu tentang penembakan di Masjid Al Noor di Christchurch. Intinya, kita belum memastikan. Nanti kalau sudah ada kepastian, baru disampaikan," kata Jokowi di Doloksanggul, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara, Jumat (15/3/2019).


Jokowi mengatakan dirinya mengecam keras penembakan yang menewaskan puluhan orang tersebut. Dia juga mengatakan pemerintah Indonesia berdukacita atas kasus tersebut.

"Terlepas siapa pelakunya, kita sangat mengecam keras aksi ini. Dan kita pemerintah Indonesia sampaikan duka mendalam kepada korban yang ada dari korban aksi tersebut. Dan tim perlindungan WNI sedang menuju ke lokasi," kata Jokowi.


Jokowi pun mengimbau WNI yang ada di Selandia Baru tetap waspada. "Semua hati-hati dan waspada," katanya.


Saksikan juga video 'Begini Persiapan Pelaku Penembakan Masjid Selandia Baru':

[Gambas:Video 20detik]


(jor/gbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed