DetikNews
Jumat 15 Maret 2019, 13:33 WIB

Hadapi Ma'ruf di Debat, Sandiaga Latihan Gestur dan Kumpulkan Data

Indra Komara - detikNews
Hadapi Maruf di Debat, Sandiaga Latihan Gestur dan Kumpulkan Data Sandiaga Uno (Aditya Mardiastuti/detikcom)
Jakarta - Cawapres Sandiaga mengatakan tak ada persiapan debat khusus untuk menghadapi KH Ma'ruf Amin. Dia mengaku hanya akan menyampaikan keluhan rakyat dari hasil kampanye di daerah-daerah.

"Tidak terlalu di-coaching, saya ingin menyuarakan apa yang menjadi keluhan dan harapan masyarakat yang saya tangkap di 1.500 titik kunjungan. Insyaallah minggu depan atau 10 hari lagi kita capai titik ke-1.500-an. Banyak sekali bekal yang disampaikan masyarakat yang ingin diangkat dalam debat ketiga dan ini harapan mereka bagaimana Prabowo-Sandi menghadirkan solusi yang bisa dimengerti masyarakat," kata Sandiaga di kawasan Bulungan, Jakarta Selatan, Jumat (15/3/2019).



Sandiaga mengatakan, di Pilpres 2019 ini, masyarakat sebenarnya bisa memilih kandidat dengan mudah. Eks Wagub DKI itu menyebut, jika ingin perubahan bangsa, representasinya ada pada pasangan 02.

"Karena sebetulnya pilihan mudah, kalau mau meneruskan seperti yang ada, tentunya pilihannya 01. Kalau mau ada perubahan ya direpresentasikan di bidang tenaga kerjaan, oleh Prabowo-Sandi. Ini yang kita ingin yakinkan masyarakat untuk jauh lebih mantap memilih," ujarnya.



Sandiaga rencananya akan melakukan simulasi debat hari ini. Dia ingin memantapkan materi debat yang berkaitan dengan data dan gestur.

"Perlu latihan materi, latihan gestur, dan latihan juga ya tentunya berkaitan dengan data. Pak Sudirman yang akan mengkoordinir. Timnya kecil saja. Tempatnya belum ditentukan," jelasnya.



Fokusnya dalam debat cawapres nanti ada pada masalah tingkat pengangguran, pendidikan, pelayanan kesehatan, hingga stunting. Dia mengatakan ingin membenahi sistem pelayanan BPJS.

"Prabowo-Sandi sudah punya solusi untuk pembenahan BPJS. Kita ingin bahwa kesejahteraan para petugas dan pelayanan kesehatan kita perhatikan. Banyak sekali kita temui mereka mengeluh tidak diberikan sisi keadilan bagi relawan kesehatan dan banyak membantu ke masyarakat mereka belum mendapatkan sentuhan kesejahteraan yang setara," kata Sandiaga.

"Jadi materinya bagian dari visi 'Indonesia Menang', itu yang besok akan saya rangkum. Mudah-mudahan debatnya edukatif dan bantu masyarakat jatuhkan pilihannya. Terutama emak-emak dan milenial, ternyata data internal kita undecided-nya meningkat ini harus kita bidik dengan diskusi yang sangat relevan pada mereka untuk menentukan pilihan," lanjut dia.


Simak Juga 'Jelang Debat, Sandi Rileks Saja':

[Gambas:Video 20detik]


(idn/knv)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed