DetikNews
Kamis 14 Maret 2019, 20:58 WIB

Kemenhub Sediakan Lagi Angkutan Motor Gratis Via KA untuk Lebaran

Zakia Liland Fajriani - detikNews
Kemenhub Sediakan Lagi Angkutan Motor Gratis Via KA untuk Lebaran Foto: Kemenhub sediakan lagi angkutan motor gratis via KA untuk lebaran (Zakia Liland Fajriani/detikcom)
Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bersiap menyambut Lebaran 2019. Kemenhub akan menyediakan angkutan motor gratis menggunakan kereta api.

Direktur Lalu Lintas dan Angkutan Perkeretaapian Zulmafendi menyebut penyediaan angkutan motor gratis menggunakan kereta api sudah beberapa kali dilakukan. Peminta pun disebutnya terus bertambah.

"Karena itu kami sampaikan bahwa mereka pendaftaran untum angkutan motor gratis dengan kereta api ini sudah kita mulai sejak tanggal 12 (Maret) yang lalu. Kita bukan pendaftaran ini dalam beberapa bentuk, yang pertama itu via online, itu kita mulai dari tanggal 12 Maret-25 Mei. Kita dapat lihat di mudikgratis.dephub.go.id," ujar Zulmafendi di Kemenhub, Jl Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Kamis (14/3/2019).


Masyarakat peminat program tersebut juga bisa mendaftar langsung di stasiun yang telah ditentukan Kemenhub mulai 12 Maret-13 Mei. Stasiun-stasiun itu di antaranya Stasiun Jakarta Gudang, Stasiun Bekasi, Stasiun Jatinegara, Stasiun Kemayoran, Staisun Cikarang, Staisun Cimahi dan Stasiun Kiaracondong. Pendaftaran angkutan motor via kereta api ini digratiskan untuk pemudik yang memakai jasa kereta api.

"Yang berikutnya adalah pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi oleh pemesanan tiket. Kalau yang kedua tadi kita sediakan tiket bagi masyarakat yang menggunakan angkutan motor gratis ini dapat memesan langsung tiket untuk keberangkatan mudik, demikian juga sebaliknya untuk arus balik," ucap Zulmafendi.

"Yang ketiga, pendaftaran langsung motor yang tidak difasilitasi dengan pemesanan tiket. Ini akan kita mulai nanti pendaftarannya setelah yang pertama dan yang kedua kita tutup. Setelah pendaftaran langsung motor di stasiun yang kita tunjuk itu ditutup ,yaitu mulai tanggal 14 Mei-25 Mei. Ini tempatnya di Stasiun Depok Baru dan Stasiun Tangerang. Ini kurang lebih 55 hari dari dibukanya pendaftaran," imbuh dia.

Kemenhub juga membuka pendaftaran langsung motor untuk contraflow mudik. Zulmafendi memberi contoh soal contraflow.

"Jadi, arus berlawanan dari Jawa Timur ke Jakarta nanti kita buka juga di sana. Jadi, barangkali ada masyarakat-masyarakat yang tinggal di Jawa Barat tetapi bekerja di Jawa Timur dia juga ingin pulang ke Jawa Barat. Nah, ini bisa kita saksikan dengan ini, ini yang kita sebut dengan pendaftaran langsung motor untuk angkutan contraflow dari daerah bagian timur dan di tengah," sebutnya.


Pengangkutan motor gratis dimulai di arus mudik mulai 27 Mei-2 Juni, dari Jakarta ke Jawa Tengah dan Jawa Timur. Pengangkutan dari Jawa Tengah-Jawa Timur ke Jakarta dilakukan mulai 8-13 Juni.

Ada tiga lintasan terkait pengangkutan motor via kereta api, yaitu lintas utara, lintas selatan 1 dan lintas selatan 2.

"Lintas utara itu kita mulai dari Stasiun Jakarta Gudang sampai nanti melewati Cikarang, Cirebon, Tegal, Pekalongan, Semarang Tawang, Naronggo, Cepu, Bojonegoro sampai dengan terakhir nanti di Pasarturi. Nah, bagi masyarakat yang ingin yang nanti adalah mudiknya ke daerah-daerah lintas utara jni bisa menggunakan angkutan motor gratis di wilayah yang telah kami sampaikan," kata Zulmafendi.

"Lintas kedua yang kita sebut dengan selatan 1 itu adalah mulai dari Jakarta Gudang, lalu Cikarang dan mereka ke Cimahi yang nanti juga akan masuk ke stasiun Kiaracondong, Sidareja, Kroya, Kebumen. dan terakhir ini nanti untuk lintasan ini di Putuharjo. Sedangkan lintas selatan 2, sama kita mulai dari Stasiun Jakarta Gudang, Cikarang, Cirebon lalu masuk ke Purwokerto, Gombong, Putuharjo, Lempuyangan, Klaten, Purwosari, Madiun, Kertosono, Mojokerto dan Pasarturi. Kalau angkutan motor yang tahun lalu itu hanya sampai Blitar lintas 2 ini, tahun ini kita perpanjang sampai ke Surabaya Pasarturi," ucapnya.

Kemenhub mencadangkan tiket pengangkutan penumpang sebanyak 58.088 tiket dan sudah termasuk kereta api tambahan untuk lebaran. Guna mendukung kegiatan itu, Kemenhub mempersiapkan 22 rangkaian kereta api yang terdiri dari 15 rangkaian kereta api ekonomi komersial dan 7 kereta api PSO.

Kuota untuk angkutan motor gratis ini sebanyak 15.096 sepeda motor. Satu hari, kurang lebih 1.392 unit motor bisa diangkut.
(gbr/dhn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed