detikNews
Rabu 06 Maret 2019, 09:04 WIB

Ma'ruf Amin Tanggapi Poyuono: Bukan Salah Jokowi, Salah yang Tertangkap

Guruh Nuary - detikNews
Maruf Amin Tanggapi Poyuono: Bukan Salah Jokowi, Salah yang Tertangkap Ma'ruf Amin (Dok. Tim Media Ma'ruf Amin)
Jakarta - Waketum Partai Gerindra Arief Poyuono 'menunjuk hidung' Presiden Joko Widodo (Jokowi) karena Wasekjen Partai Demokrat (PD) Andi Arief alias AA terjerat narkoba. Cawapres Ma'ruf Amin heran oleh sikap Poyuono, yang melempar kesalahan ke Jokowi.

"Bukan salahnya Pak Jokowi, tetapi salahnya orang itu yang kemudian bisa tertangkap karena sistemnya yang sudah bagus," ujar Ma'ruf di kediamannya, di Jalan Situbondo, Menteng, Jakarta Pusat, Rabu (6/3/2019).


Ma'ruf mengatakan, dengan tertangkapnya Andi, hal itu justru menunjukkan bahwa sistem pemberantasan narkoba di era Jokowi makin baik.

"Saya kira justru kalau ketangkep itu karena sistem kita sudah mulai baik, penanggulangan korupsi, penanggulangan narkoba, itu tandanya sistemnya sudah mulai baik, jadi bukan salahnya Pak Jokowi," katanya.

Ma'ruf meminta Poyuono tak menyamakan sistem di era sekarang dengan zaman dahulu. Sebab, menurut dia, sistem pemberantasan narkoba sudah sangat ketat dan bagus.

"Dulu mungkin model kayak begitu tidak akan tertangkap karena memang sistemnya tidak seketat yang sekarang, jadi bukan karena yang dulu tidak ada tetapi karena dulu tidak dilakukan secara intensif dan terprogram dengan baik," ujar Ma'ruf.


Sebelumnya diberitakan, Arief Poyuono justru menyalahkan pemerintah Presiden Joko Widodo saat menanggapi penangkapan Andi Arief. Menurut Poyuono, peredaran narkoba di era Jokowi makin banyak.

Poyuono menyebut Andi Arief sebagai korban dari peredaran narkoba. Bagi Poyuono, banyak pihak yang tidak sadar akan kegagalan pemerintah dalam memberantas peredaran narkoba di Indonesia.

"Maka korban dari peredaran narkoba yang kayak model Andi Arief hingga berjumlah jutaan. Nah, kok kami bilang Andi Arief korban kegagalan Joko Widodo dalam hal pemberantasan peredaran narkoba, banyak yang tim sana nggak nyampe pikirannya ya, di mana pengguna narkoba yang korban peredaran narkoba disebabkan oleh gagalnya pemerintah," kata Poyuono.


Saksikan juga video 'Kasus Andi Arief Rusak Citra Demokrat?':

[Gambas:Video 20detik]


(mae/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com