detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 19:42 WIB

Gunakan Dana KLB untuk Bangun JPO, Anies: Itu Sisa Sebelumnya

Arief Ikhsanudin - detikNews
Gunakan Dana KLB untuk Bangun JPO, Anies: Itu Sisa Sebelumnya Gubernur DKI Anies Baswedan meresmikan JPO di Sudirman. (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menyebut sisa kompensasi koefisien lantai bangunan (KLB) pemerintahan sebelumnya cukup banyak. Sisa dana KLB itulah yang digunakan untuk membangun jembatan penyeberangan orang (JPO).

"Itu sisa yang cukup banyak dari KLB sebelumnya. Banyak dan harus diapakan, ya dimanfaatkan," ujar Anies kepada wartawan di GOR Ciracas, Jalan Raya Bogor, Jakarta Timur, Kamis (28/2/2019).




Namun Anies mengaku tidak hafal infrastruktur apa saja selain JPO yang akan dibangun menggunakan dana KLB.

"Pak Asbang (Asisten Pembangunan) yang hafal. Saya nggak hafal datanya," ucap Anies.

Seperti diketahui, pembangunan infrastruktur menggunakan kompensasi KLB diinisiasi oleh Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) alias BTP saat menjabat Gubernur DKI. Kompensasi KLB diatur dalam Peraturan Gubernur (Pergub) Nomor 175 Tahun 2015.




Penggunaan KLB ini sempat menjadi polemik saat itu. Namun Anies tidak tegas menjawab saat ditanya apakah akan melanjutkan kebijakan tersebut atau tidak.

"Jadi itu sudah ada, lalu kita manfaatkan," kata Anies.

Ada tiga JPO di sepanjang Jalan Jenderal Sudirman yang dibangun kembali menggunakan dana KLB. Tiga JPO itu dibangun menggunakan KLB dari PT Permadani Khatulistiwa Nusantara (PKN) sebesar Rp 53 miliar.

"Ini kemarin dibiayai melalui kompensasi KLB dan kemudian kita akan tuntaskan insyaallah bulan Mei semuanya selesai," tutur Anies Baswedan kepada wartawan di JPO Gelora Bung Karno (GBK), selepas peresmian.
(aik/zak)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com