detikNews
Kamis 28 Februari 2019, 11:23 WIB

Tinggalkan Sidang, Ratna Sarumpaet Kembali Salam 2 Jari

Yulida Medistiara - detikNews
Tinggalkan Sidang, Ratna Sarumpaet Kembali Salam 2 Jari Ratna Sarumpaet berpose salam dua jari di awal sidang. (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Terdakwa kasus hoax penganiayaan, Ratna Sarumpaet, selesai menjalani sidang perdana. Dia kembali mengacungkan salam dua jari.

Sidang perdana Ratna Sarumpaet dengan agenda pembacaan dakwaan berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Jaksel, Jl Ampera Raya, Kamis (28/2/2019). Setelah dakwaan dibacakan, Ratna sempat bicara dan menyatakan kasusnya ini terkait dengan politik.

"Saya sebenarnya, saya salah, oke. Tetapi sebenarnya yang terjadi di lapangan, di penyidikan, ada ketegangan luar biasa bahwa memang ini politik," kata Ratna.



Pengacara Ratna Sarumpaet juga sempat mengajukan peralihan penahanan untuk Ratna Sarumpaet, yang saat ini masih ditahan di Rutan Polda Metro. Hakim kemudian menyatakan sidang ditunda dan akan dilanjutkan pada Rabu (6/3).

Setelah hakim mengetok palu sidang, Ratna menyalami hakim. Sesaat sebelum meninggalkan ruang sidang, dia berpose dua jari sambil melihat ke arah wartawan.



Sebelumnya, Ratna juga sempat mengacungkan salam dua jari di awal sidang ketika duduk di kursi terdakwa. Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandiaga menyatakan mereka tak bisa melarang Ratna untuk berekspresi.

"Soal ekspresi Bu Ratna, dalam mau memulai sidang ya kita kan nggak bisa melarang Bu Ratna untuk berekspresi seperti apa, apakah dia kemudian tersenyum kepada pengunjung, ucapkanlah 'Assalamualaikum', bahkan mengacungkan dua jari itu adalah hak dari Bu Ratna," kata Direktur Advokasi dan Hukum BPN Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Kamis (28/2).



Saksikan juga video 'Ratna Sarumpaet Pose Dua Jari di Sidang Perdana':

[Gambas:Video 20detik]


(imk/fjp)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com