DetikNews
Senin 25 Februari 2019, 18:53 WIB

Rizal Ramli 'Kerdilkan' Jokowi soal Konsesi, TKN: Sesat Pikir!

Nur Azizah Rizki Astuti - detikNews
Rizal Ramli Kerdilkan Jokowi soal Konsesi, TKN: Sesat Pikir! Foto: Rizal Ramli. (Agung Pambudhy-detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin tak sepakat dengan eks Menko Kemaritiman Rizal Ramli yang menganggap pemikiran capres Joko Widodo (Jokowi) soal pengembalian konsesi lahan adalah kerdil. TKN menilai justru Rizal Ramli yang sesat pikir.

"Saya kira tanggapan Rizal Ramli yamg memperlihatkan kekerdilan beliau dalam melihat persoalan. Bung Rizal ini sesat pikir akibat keberpihakan. Yang teriak-teriak soal kehadiran negara siapa? Yang teriak-teriak keberpihakan pada rakyat siapa? Yang tidak setuju presiden memberikan kemudahan sertifikat atas tanah siapa? Yang ketakutan tanah negara habis karena negara peduli pada rakyat siapa?" tanya juru bicara TKN Irma Suryani Chaniago kepada wartawan, Senin (25/2/2019).


Rizal juga menyinggung banyak orang di sekeliling Jokowi yang memiliki konsesi besar. Irma pun menegaskan kepemilikan konsesi tersebut bukan didapatkan pada era pemerintahan Jokowi.

"Pak Jokowi sudah bilang bahwa di era beliau, beliau tidak memberikan konsesi atau mengeluarkan izin konsesi seperti yang dilakukan pemerintah sebelum beliau. Artinya siapa pun yang ada di sekeliling Jokowi saat ini, jika punya konsesi, itu bukan dari beliau!" tegasnya.

Menurut Irma, Jokowi akan sangat berterima kasih jika para pemilik konsesi mengembalikannya pada negara. Namun demikian, politikus NasDem ini menyatakan Jokowi tak akan memaksa mengambil karena berkaitan dengan konsekuensi hukum.

"Sikap presiden tegas kok, siapa pun yang ingin mengembalikan konsesi, tentu presiden akan sangat berterima kasih. Karena saat ini rakyat memang sedang membutuhkan tanah untuk digarap dalam rangka meningkatkan kesejahteraan rakyat. Tetapi tentu beliau tidak bisa memaksa orang untuk mengembalikan, karena setiap izin yamg sudah dimiliki tentu ada konsekuensi hukumnya jika diambil kembali," tutur Irma.


Sebelumnya, Rizal Ramli mengkritik pidato Jokowi soal konsesi tanah untuk dikembalikan ke negara. Rizal menyebut pemilik lahan terbesar justru berada di sekeliling Jokowi.

"Saya mohon maaf dari pidato itu menunjukkan bahwa (pemikiran) Presiden Jokowi kerdil karena pemilik tanah yang paling besar ada di sekitarnya," ujar Rizal Ramli dalam jumpa pers di Jalan Tebet Barat Dalam IV No 7, Jakarta Selatan, Senin (25/2).

Rizal menyarankan Jokowi untuk mengambil semua lahan dengan konsesi yang besar itu secara adil. Karena menurutnya, kebanyakan pemilik lahan tersebut merupakan pendukung Jokowi.

"Ambil aja semua tanah yang dimiliki, kebanyakan itu pemiliknya pendukung Jokowi, dibagi sama rakyat, itu baru hebat. Di Amerika (Selatan) banyak yang kaya gitu, tanah orang kaya diambil semua dibagiin ke rakyat," sambung dia.

"Makanya saya sudah mulai kesel, harusnya presiden tuh man of honor, kebijakannya berlaku untuk semua. Bukan orang perorang ditargetin," lanjur Rizal.
(azr/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed