detikNews
Senin 25 Februari 2019, 17:30 WIB

Pramono: Imbauan Jokowi Kembalikan Lahan Juga Berlaku ke Timses Sendiri

Andhika Prasetia - detikNews
Pramono: Imbauan Jokowi Kembalikan Lahan Juga Berlaku ke Timses Sendiri Foto: Seskab Pramono Anung. (Andhika-detikcom)
Jakarta - Sekretaris Kabinet yang juga Anggota Dewan Pengarah TKN Jokowi-Ma'ruf Amin, Pramono Anung, menjelaskan soal pernyataan capres Jokowi menunggu pengembalian lahan konsesi. Pramono menegaskan pernyataan itu tak ditujukan ke pihak tertentu.

"Konteksnya bersifat umum. Semacam imbauan kepada siapapun untuk bersedia melakukan itu. Tentunya tidak spesifik ditujukan kepada seseorang. Termasuk juga itu berlaku bagi tim kampanye Pak Jokowi sendiri yang mungkin kemudian atas hal tersebut, berempati untuk itu," kata Pramono di kantor Setkab, Jalan Veteran, Jakarta Pusat, Senin (25/2/2019).


Pramono mengatakan pesan moral dari pernyataan itu adalah fakta soal 1 persen orang Indonesia menguasai sekian banyak lahan itu memang benar adanya. Mereka adalah elite-elite masa lalu.

"Dan Pak Jokowi bukan bagian dari itu. Maka kalau dapatkan kesempatan untuk ada orang yang kembalikan konsesinya kepada Presiden saat ini, maka Presiden berjanji untuk bagikan kepada rakyat. Jadi itu lebih kepada imbauan moralitas terhadap apa yang ada sekarang. Ini berlaku untuk siapa saja," ujar Pramono.


Sebelumnya BPN Prabowo-Sandiaga juga sudah menyambar isu soal lahan ini. BPN meminta para pendukung capres petahana Joko Widodo (Jokowi) melaksanakan apa yang diminta Jokowi soal pengembalian konsesi lahan. BPN menilai karena hal tersebut disampaikan Jokowi dalam acara internal, harusnya pendukung Jokowi lah yang pertama kali mendengar.

"Menurut saya karena pernyataan itu disampaikan di acara internal komunitas 01 pastilah kemudian beliau, omongan beliau itu didengar dan disampaikan langsung kepada mereka-mereka yang ada di sekitar beliau," kata Wakil Ketua Dewan Penasihat BPN Hidayat Nur Wahid di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (25/2/2019).

"Kan dan di sekitar beliau ternyata ada Pak Erick Thohir yang ternyata menguasai konsesi lahan yang jauh lebih banyak daripada yang di Pak Prabowo, kemudian juga Pak Luhut Binsar Panjaitan juga mempunyai. Jadi pertama kali mendengar dan pertama kali diperdengarkan kepada mereka," imbuhnya.



Simak Juga 'Dear Jokowi dan Prabowo, Jangan Abaikan Masalah Penguasaan Lahan':

[Gambas:Video 20detik]


(tor/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed