detikNews
Minggu 24 Februari 2019, 19:20 WIB

JK Ingatkan PMI Layani Masyarakat Tanpa Diskriminasi

Muhammad Taufiqqurahman - detikNews
JK Ingatkan PMI Layani Masyarakat Tanpa Diskriminasi Jusuf Kalla di acara PMI (Foto: Taufik-detikcom)
Makassar - Wapres Jusuf Kalla (JK) yang juga Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) mengingatkan tugas pokok organisasi ini adalah membantu kemanusiaan. PMI diminta membantu kemanusiaan tanpa diskriminasi.

"Dua hal ini yang selalu menjadi bahagian upaya kita untuk melaksanakan tugas-tugas kemanusiaan," ujar JK di Grand Claro Hotel and Convention, Jalan Andi Pettarani, Makassar, Minggu ( 24/02/2019).


JK menyatakan relawan adalah orang yang bekerja dengan hati dan sukarela. Namun, para relawan itu disebutnya mulia karena membantu orang yang sedang terkena musibah.

"Imbalannya tentu hanya Tuhan yang mengetahui, yang diberikannya karena kerelaan itu adalah dari hati yang mempengaruhi pikiran-pikiran kita," terangnya.

Dalam kesempatan ini, JK menyebut selain memiliki sumber alam yang melimpah, Indonesia juga rawan bencana. Oleh karena itu, dibutuhkan kesiapsiagaan semua pihak.

"Dalam 5 bulan terakhir saja ini, ada gempa di NTB, ada gempa dan Tsunami di Sulawesi Tengah, ada Tsunami di Banten ada Banjir di Sulawesi Selatan ada begitu banyak tanah longsor di Jawa. Semua itu memberikan kepada kita semua kesiapsiagaan," kata dia.



Pada kondisi bencana seperti itu, JK menyebut kebutuhan darah juga besar. JK menyatakan harusnya ada stok darah 5 juta kantong.

"Jadi penduduk 260 juta berarti kita harus siap-siap, siap sedia untuk unit donor darah sampai dengan 5 juta kantong," ucapnya.

"Ini semua sudah 97% kita penuhi masih ada dua tiga persen yang dipenuhi oleh keluarga masing-masing tapi ini juga merupakan suatu sumbangan," tambah dia.
(fiq/haf)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed