DetikNews
Sabtu 23 Februari 2019, 06:44 WIB

Jurus Rahasia Prabowo Turunkan Harga Telur Disoal Luhut

Yulida Medistiara, Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Jurus Rahasia Prabowo Turunkan Harga Telur Disoal Luhut Capres Prabowo Subianto. (Foto: dok. Twitter)
Jakarta - Calon presiden Prabowo Subianto berjanji akan menurunkan harga telur dalam 100 hari pertama menjabat jika terpilih. Jurus Prabowo menurunkan harga telur memang masih dirahasiakan. Namun Menko Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menyindir janji tersebut.

Janji ini awalnya disampaikan Prabowo saat bersilaturahmi dengan Forum Komunikasi Majelis Ta'lim (FKMT) serta relawan Aliansi Pencerah Indonesia (API). Prabowo yang menyerap aspirasi tersebut berjanji akan menurunkan harga telur, harga daging sapi, daging ayam dalam 100 hari pertama menjabat.


"Kita akan bekerja untuk emak-emak semuanya. Insyaallah kalau hitungan saya harga daging, harga telur, harga ayam, bisa kita turunin dalam 100 hari pertama. Harga beras saya juga feeling hitungan saya bisa kita turunkan," kata Mantan Danjen Kopassus itu di kediamannya, Bukit Hambalang, Bogor, Jawa Barat, Jumat (8/2).

Janji tersebut lantas disinggung Luhut. Luhut menilai, pihak yang mengumbar janji itu lupa bahwa titik keseimbangan merupakan hal yang terpenting. Jika hanya mementingkan konsumen maka produsen akan mati.


"Orang bilang mau nurunin beras, beras diturunin beras, gula diturunin, telur murah, lah petaninya? Kalau berasnya terlalu murah ya costnya ada," ujar Luhut dalam acara Lecture Series on Indonesia's Maritime Diplomacy: The Current Challenges di Auditorium Centre for Strategic and International Studies (CSIS), Jakarta, Jumat (22/2).

"Jadi harus mencari titik imbangnya supaya sejalan, jadi tidak hanya untuk nurunin saja," tambahnya.


Sejauh ini, Prabowo belum menyampaikan secara rinci strategi menurunkan harga telur dan sejenisnya. Badan Pemenangan Nasional Prabowo-Sandi pun masih merahasiakannya. Yang terpenting, menurut BPN, Prabowo menang dulu di Pilpres 2019.

"Iya itu kan persoalan yang tak terpecahkan, tapi itu bisa diatasi. Itu sudah dikaji, sudah dilakukan, tapi nanti itu cerita nanti. Ya jangan cerita dulu, menang dulu nanti baru diceritain," ujar Wakil Ketua BPN Prabowo-Sandi, Ahmad Muzani di gedung DPR, Senayan, Jakarta, Jumat (22/2).

Meski masih dirahasiakan, Muzani optimistis janji Prabowo terealisasi. Sebab menurutnya, jurus menurunkan harga telur sudah dilakukan kajian.

"Bisa itu. Itu kan jawaban dari Pak Jokowi ketika dikritik oleh Pak Prabowo tentang menekan harga sembako, harga pangan dalam konteks beras, misalnya. Masalahnya, kata Pak Jokowi, kan keseimbangan antara produsen dan konsumen," terang Muzani.


Saksikan juga video 'Cara Turunkan Harga Telur ala Kubu Prabowo: Menang Dulu, Baru Cerita':

[Gambas:Video 20detik]




Ikuti perkembangan Pemilu 2019 hanya di sini.
(dkp/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed