DetikNews
Jumat 22 Februari 2019, 07:24 WIB

Dhani Disebut Tak Paham NU, Pengacara Kaitkan dengan Dukungan Politik

Mochamad Zhacky - detikNews
Dhani Disebut Tak Paham NU, Pengacara Kaitkan dengan Dukungan Politik Ahmad Dhani. (Foto: Deny Prastyo Utomo)
Jakarta - Cawapres Ma'ruf Amin menyebut Ahmad Dhani tak tahu apa-apa soal Nahdlatul Ulama (NU). Ketum PBNU Said Aqil Siradj juga menyatakan hal yang sama.

Pengacara Ahmad Dhani, Hendarsam Marantoko menilai pernyataan Ma'ruf dan Said Aqil itu berkaitan dengan pilihan politik kliennya. Sebab, menurut Hendarsam, Ahmad Dhani pernah menjadi pengurus PBNU.

"Jadi kalau ada apa namanya itu, Pak Said Aqil, Kiai Ma'ruf Amin menyatakan dia (Ahmad Dhani) bukan NU, saya rasa itu lebih kepada tendensi masalah politik, ya kan. Karena Ma'ruf Amin dan Said Aqil adalah orang yang mempunyai maqom, saat ini mempunyai maqom politik yang berbeda dan berseberangan dengan Ahmad Dhani," kata Hendarsam saat dimintai tanggapan, Kamis (21/2/2019).




Apa yang disampaikan Ma'ruf dan Said Aqil merupakan respons atas surat yang ditulis Ahmad Dhani. Dalam surat tersebut Ahmad Dhani menyatakan dirinya bukan NU yang mendukung capres petahana Jokowi.

Hendarsam menyebut, dalam surat tersebut Ahmad Dhani berada dalam kapasitasnya sebagai 'orang' NU di akar rumput (grassroot). Surat tersebut, sambung Hendarsam, merupakan fakta yang terjadi di lapangan.

"Kedua, apa yang dikatakan Ahmad Dhani itu adalah ungkapan sebagian orang NU yang berseberangan dengan Jokowi. Kan di sana (surat Ahmad Dhani) disangkutkan juga bahwa 'saya bukan NU yang mendukung Jokowi', kan seperti itu kan," ujarnya.

"Nah kenyataannya di lapangan, grassroot NU itu tidak ke Jokowi, hanya elite NU-nya saja yang ke Jokowi kan. Jadi apa yang dikatakan Ahmad Dhani sebenarnya adalah cerminan dari grassroot NU itu sendiri," imbuh Hendarsam.




Surat Ahmad Dhani juga ditanggapi oleh Ketua PWNU Jawa Timur Marzuki Mustamar. Marzuki mengaku mempersilakan Ahmad Dhani mengatakan apa saja, namun dia ingin bertemu dan berbicara baik-baik dari hati ke hati.

Hendarsam mengapresiasi keinginan Marzuki bertemu Ahmad Dhani. Dia menilai sikap Marzuki mencerminkan NU yang menghargai perbedaan.

"Nah saya lebih respect dengan PWNU. Jadi dia langsung tabayun, tanyakan dulu ke Ahmad Dhani. Karena itu adalah sikap sebenarnya dari NU bahwa dia yang menerima perbedaan, menerima setiap perbedaan. Orang NU itu terkenal dengan toleransinya kok. NU itu besar karena toleransi, toleransi dengan orang yang berbeda agama," papar Hendarsam.





Saksikan juga video 'Kejagung Soal Ahmad Dhani: Tak Ada Dendam Politik':

[Gambas:Video 20detik]


(zak/abw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed