DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 20:17 WIB

Gelar Pelatihan, TKN Jokowi Ingin Saksi TPS Punya Militansi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Gelar Pelatihan, TKN Jokowi Ingin Saksi TPS Punya Militansi Erick Thohir (Grandyos Zafna/detikcom)
Jakarta - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-Ma'ruf Amin menggelar pelatihan bagi para saksi di tempat pemungutan suara (TPS). Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf, Erick Thohir, mengatakan pelatihan tersebut digelar agar para saksi TPS memiliki militansi yang sama.

"Ya saya mengharapkan bahwa saksi-saksi yang kita training hari ini kita ingin pastikan mempunyai visi yang sama, mempunyai semangat yang sama dan tentu militansi yang sama," kata Erick di Hotel El Royal, Kelapa Gading, Jakarta Utara, Rabu (20/2/2019).


Erick menuturkan, saksi TPS harus bisa merefleksikan hasil survei di mana elektabilitas Jokowi unggul jauh dari capres nomor urut 02 Prabowo Subianto. Dia ingin para saksi TPS juga bersemangat.

"Apalagi kita sudah lihat bagaimana progress untuk palson 01 luar biasa. Di mana dari tren-tren polling yang masih bertahan 20 persen. Kemarin juga debat luar biasa hasilnya dan di social media sendiri data-data itu terlihat bahwa positif," jelasnya.

Erick mengingatkan, kecurangan di TPS bisa terjadi jika para saksi lemah. Dia ingin para saksi TPS memastikan tak ada kecurangan saat pencoblosan.

"Karena kita tahu cara melipat, cara membuka, itu sesuatu yang tidak mudah dan yang mempunyai gambar itu kan hanya dua yaitu tentu pilpres dan DPD. yang lainnya itu kan nama partai dan lain-lain pastikan orang perlu membaca dan ini kita harapkan saksi-saksi kita itu terus membantu sosialisasi, tetapi juga memastikan tidak ada kecurangan di bawah," ujar Erick.


Diberitakan sebelumnya, Jokowi direncanakan memberikan arahan langsung bagi para saksi TPS ini. Erick menyebut pelatihan tersebut demi mengawal suara pada Pilpres 2019. Para saksi itu mengikuti pelatihan dari TKN Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Tidak ada artinya, rekan dan relawan kita door to door kalau teman-teman saksi yang hadir hari ini tidak punya semangat yang sama untuk memastikan kita menang," terang Erick.
(zak/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed