DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 20:07 WIB

Mimpi Tukang Ojek Menggapai Senayan

Gresnia Arela F - detikNews
Mimpi Tukang Ojek Menggapai Senayan Foto: Gresnia Arela F
Jakarta -

Banyak titik tempat yang disulap menjadi pangkalan pengemudi ojek online (ojol) di sejumlah wilayah DKI Jakarta ini. Salah satunya adalah di sekitar Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat. Tentunya hal itu tak disia-siakan oleh Suhandi, 40 tahun, yang juga pengemudi ojol Grab Bike.

Usai menyelesaikan order pengiriman barang lewat Grab Express dari Kalideres, Jakarta Barat, ke Blok B Pasar Tanah Abang, pria bertubuh kecil dan berkacamata itu pun menghampiri pangkalan ojol di titik jemput samping Blok B. Sambil mengulas senyum, Selasa 19 Februari 2019, itu, Suhadi menjabat tangan satu persatu para pengemudi ojoldan mengucapkan salam solidaritas.

Dengan sigap, para driver ojol itu pun menyambut kedatangan Suhandi. Perbincangan akrab di antara mereka terjalin. Suhandi ditanya tentang asal-usul dan orderan hari itu. Tak mau membuang waktu, Suhandi lantas merogoh isi tas punggungnya. Ia mengeluarkan beberapa stiker dan pulpen yang langsung dibagikan ke rekan-rekannyayang meriung di pangkalan itu.

Sebagian terheran-heran dengan pemberian Suhandi itu. Apalagi stiker yang dibagikan itu bergambar Suhandi dengan tulisan 'Calon Anggota DPR RI 2019-2024 Dapil Wilayah Jakarta Barat, Jakarta Utara, dan Kepulauan Seribu'. Sedangkan pada bagian atas stiker tertulis 'The Power of Ojek Online'. Begitu juga dengan pulpen berwarna putih yang bertuliskan nama Suhandi lengkap dengan nomor urut 7 dan logo Partai Kebangkitan Bangsa (PKB).

Suhandi, driver ojol yang jadi caleg DPR RI dari PKBSuhandi (tengah), driver ojol yang jadi caleg DPR RI dari PKB Foto: Gresnia Arela F

Awalnya para pengemudi ojol tak percaya Suhandi benar-benar menjadi calon anggota legislatif (caleg), apalagi setingkat DPR RI. Namun, Suhandi dengan bersemangat menjelaskan maksud dan tujuan ia mencalonkan diri sebagai anggota dewan itu. Karena itu ia meminta dukungan dari sesama driver ojol.

Saat datang, Suhandi memang tengah mengenakan jaket Grab yang bagian belakangnya bertuliskan 'Mohon Do'akan dan Dukungan untuk Teman Kami', 'Sejahtera Drivernya Bahagia Penumpangnya' dan #pilihkawansayaaja. Setiap hari di dalam tasnya Suhandi mengantongi 50 stiker dan 100 pulpen yang siap dibagikan kepada penumpang atau driver ojol.

Pria asli kelahiran Jakarta itu sehari-hari tinggal di rumah orangtuanya di Batuceper, Kota Tangerang, Banten. Sementara, istri dan anaknya tinggal di Tasikmalaya, Jawa Barat. Ia menolak menyebut latar belakang pendidikannya. Pekerjaan sebagai ojol sudah dilakoninya selama tiga tahun ini. Daerah operasinya seputar Kalideres. Tapi ia pernah juga melayani rute hingga Cilincing (Jakarta Utara), Cikarang (Bekasi), dan Bogor.

"Pada hampir tidak percaya kalau saya ini caleg DPR RI. Bagi teman-teman, saya orang yang langka dan saya terus meyakinkan saja," ungkap Suhandi saat berbincang dengan detikX di Pasar Blok B, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Selasa, 19 Februari 2019.

Adalah ketikdaksengajaan yang membawa Suhandi 'nyemplung' ke dunia yang belum pernah terbayangkan dalam hidupnya selama ini, politik. Awal Januari 2018, ia mengantarkan penumpang ke Kantor Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKB di Jalan Raden Saleh, Kenari Senen, Jakarta Pusat. Saat menurunkan penumpang, ia melihat brosur atau pamflet pendaftaran caleg PKB 2019.

Ulasan selengkapnya dapat Anda baca di detikX edisi 20 Februari 2019




(zal/irw)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed