DetikNews
Rabu 20 Februari 2019, 17:12 WIB

Dradjad: Amien Rais Hidup Sederhana demi Bangun Sekolah di Yogyakarta

Marlinda Oktavia Erwanti - detikNews
Dradjad: Amien Rais Hidup Sederhana demi Bangun Sekolah di Yogyakarta Dradjad Wibowo (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - PAN membela Ketua Dewan Kehormatan-nya, Amien Rais, yang diserang Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto soal isu penguasaan lahan di Yogyakarta. Wakil Ketua Dewan Kehormatan PAN Dradjad Wibowo mengungkapkan lahan Amien Rais itu digunakan untuk kegiatan dakwah dan pendidikan.

"Soal lahan Pak Amien, justru Mas Hasto harusnya malu menyerangnya. Kenapa? Lahan itu adalah untuk kegiatan dakwah Islam dan pendidikan," ujar Dradjad kepada wartawan, Rabu (20/2/2019).


Dradjad mengatakan seharusnya Hasto malu menyeret Amien Rais dalam polemik lahan negara yang dikuasai Prabowo Subianto. Sebab, kepemilikan lahan oleh Amien di Yogyakarta bukan untuk kepentingan pribadi, melainkan didedikasikan untuk kemajuan pendidikan di Indonesia.

"Berbeda dengan sebagian tokoh nasional yang menumpuk kekayaan untuk diri sendiri dan keluarganya. Pak Amien dan Bu Amien justru memilih hidup seadanya, asal bisa membangun sekolah dan fasilitas dakwah berkelas dunia," tutur pria yang dekat dengan Amien Rais itu.

"Beliau sering mengatakan ke saya, 'Masak, sih kita umat Islam di Indonesia tidak bisa membangun sekolah yang berkelas dunia, Mas Dradjad?' Saya bahkan menjawab, benchmark-nya jangan Singapura, Pak. Nanggung! Kita tiru saja Eton College di Inggris. Itulah cita-cita Pak Amien dan Bu Amien. Jangan lupa, beliau berdua bukan pengusaha. Jadi betul-betul harus babak belur mengajak banyak pihak ikut berjihad membangun fasilitas pendidikan dan dakwah tersebut," imbuh Dradjad.

Dradjad kemudian memaparkan prestasi-prestasi yang disabet oleh SMP dan SMA Budi Mulia, sekolah yang didirikan oleh Amien Rais. Dia mengungkapkan bahwa banyak prestasi yang diberikan oleh siswa-siswi dari sekolah tersebut.

"Dan tahu tidak Mas Hasto? Paduan suara SMP dan SMU Budi Mulia Dua berhasil menyabet perak dan perunggu dalam Festival Paduan Suara Golden Gate di San Francisco. Pemenangnya dari AS, pesertanya dari Austria, Australia, Kanada, Denmark, dan negara lainnya. Siswa dari sekolah Pak dan Bu Amien itu juga pernah tampil di negara-negara lain. Silakan lihat detiknews 18 Juli 2012," katanya.

"Mas Hasto, Anda sudah membangun fasilitas pendidikan apa yang berprestasi seperti Budi Mulia, sekolahnya Pak dan Bu Amien? Tolong juga beri contoh. Siapa elite parpol TKN yang bukan pengusaha, tapi menafkahkan diri dan hartanya untuk membangun fasilitas pendidikan dan dakwah berkelas dunia? Malu dong, Mas Hasto!" sambung Dradjad.


Sebelumnya diberitakan, Hasto berbicara mengenai ucapan Jokowi atas penguasaan lahan yang luas di Kaltim dan Aceh. Sekretaris Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf Amin itu lalu menyeret nama Amien dengan lahan-lahannya di Yogyakarta.

"Sosok seperti Prabowo dengan tanahnya yang begitu luas dan demikian halnya dengan Amien Rais dengan lahan-lahannya di Yogyakarta langsung mati kutu dan jargon kampanye 'tanah dikuasai elite' pun menjadi tidak laku, dipatahkan oleh politik pertanahan kerakyatan Jokowi," ungkap Hasto, Rabu (20/2).
(mae/tor)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed