detikNews
Rabu 20 Februari 2019, 15:24 WIB

KPU Usulkan Debat Kelima Pilpres 2019 pada 9 April

Yulida Medistiara - detikNews
KPU Usulkan Debat Kelima Pilpres 2019 pada 9 April Jokowi-Ma'ruf dan Prabowo-Sandiaga saat debat pertama. (Rengga Sancaya/detikcom)
Jakarta - KPU mengusulkan debat kelima Pilpres 2019 diselenggarakan pada 9 April. Usulan itu masih akan dibahas bersama timses kubu Joko Widodo-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Tanggal debat kelima KPU mengusulkan tanggal 9 April," kata Ketua KPU Arief Budiman di kantornya, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Rabu (20/2/2019).

KPU belum menentukan lokasi debat kelima. KPU memberi kesempatan bagi timses kubu Jokowi dan Prabowo untuk mendiskusikan hal itu di lingkup internalnya mengenai debat terakhir. Namun, jika tidak ada kesepakatan dari kedua pihak, KPU akan menentukan sendiri.

"Nggak, mereka kami beri kesempatan untuk berembuk. Kalau mereka bisa sepakat dengan tanggal, kami bisa sepakati tanggal yang diajukan. Kalau mereka nggak (sepakat), KPU yang putuskan. Kewenangan itu ada di KPU. Tapi kami selalu berdialog membuka ruang diskusi," kata Arief.



Jika debat terakhir disepakati pada 9 April, artinya pelaksanaannya adalah 8 hari menjelang hari pemungutan suara, 17 April 2019. Debat kelima akan membahas tema 'Ekonomi dan Kesejahteraan Sosial, Keuangan, dan Investasi'.

Debat terakhir ini akan kembali diikuti pasangan capres-cawapres, yaitu Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.


Belum Kenal Wakil Rakyat, Yuk! Cek Situs pintarmemilih.id
(yld/imk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed