DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 19:31 WIB

Ketua DPR Minta KPU Segera Sosialisasi PKPU Penghitungan Suara

Yulida Medistiara - detikNews
Ketua DPR Minta KPU Segera Sosialisasi PKPU Penghitungan Suara Ketua DPR Bambang Soesatyo (Tsarina/detikcom)
Jakarta - DPR dan KPU telah menyepakati PKPU Nomor 3 Tahun 2019 tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara. Ketua DPR Bambang Soesatyo meminta KPU dan KPUD segera mensosialisasikan aturan tersebut.

"Mendorong KPU bersama KPUD untuk melakukan sosialisasi secara masif dan intensif kepada pemangku kepentingan pemilu dengan memberikan penjelasan dan bimbingan teknis mengenai aturan teknis pemungutan dan penghitungan suara pada Pemilu 2019 kepada para petugas di tempat pemungutan suara atau pemangku kepentingan pemilu lainnya," kata pria yang akrab disapa Bamsoet itu dalam keterangannya, Senin (18/2/2019).

Bamsoet menegaskan pentingnya sosialisasi PKPU itu karena dianggap kompleks dan rentan menimbulkan persoalan apabila tidak dipahami dengan baik. Selain itu, Bamsoet mendorong dibuatnya buku panduan bagi KPPS dalam pelaksanaan pemungutan suara.

"Mendorong KPU membentuk buku panduan yang dapat digunakan sebagai rujukan praktis bagi anggota Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) agar pemungutan suara di Pemilu 2019 dapat dilaksanakan dengan baik," kata Bamsoet.



Selain itu, Bamsoet meminta kepada KPU dan KPUD melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara untuk Pemilu 2019. Adapun surat suara yang dihitung adalah surat suara pemilihan presiden, DPR RI, DPD, DPRD provinsi, dan DPRD kabupaten/kota.

Bamsoet juga meminta KPU bekerja sama dengan Kemenkominfo untuk mensosialisasikan PKPU tentang pemungutan dan penghitungan suara itu secara transparan di media massa. Hal itu agar masyarakat memahami mekanisme penghitungan surat suara.



"Agar masyarakat juga memahami bagaimana cara memberikan suara melalui tempat pemungutan suara (TPS) di lokasinya," ungkapnya.

Sebelumnya, DPR dan KPU menyepakati Peraturan KPU (PKPU) tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara pada 10 Januari lalu. PKPU tentang Pemungutan dan Penghitungan Suara itu disepakati kesepuluh fraksi.
(yld/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed