ADVERTISEMENT
detikNews
Senin 18 Februari 2019, 13:46 WIB

Polri Pastikan Ledakan di Senayan Berasal dari Petasan: Asapnya Putih

Audrey Santoso - detikNews
Polri Pastikan Ledakan di Senayan Berasal dari Petasan: Asapnya Putih Foto: CCTV Ledakan di Parkit Senayan (ist)
Jakarta - Polri memastikan benda yang meledak di Parkir Timur Senayan, Jakarta adalah petasan. Kesimpulan ini diperoleh dari warna asap yang timbul pascaledakan.

"Melihat itu perasan dari asap yang ditimbulkan, asapnya putih, sudah itu petasan," kata Dedi di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (18/2/2019).


Dedi menuturkan asap putih adalah tanda bahan peledak dari belerang. Menurut Dedi, belerang adalah bahan baku petasan.

"Karena itu petasan gede. Asap putih itu kan dari belerang. Ledakan dari belerang itu kan putih," tutur Dedi.

Ledakan itu terjadi di dekat lokasi Debat Capres Putaran II, pukul 20.13 WIB, Minggu (17/2). Diketahui debat saat itu sedang berlangsung di Hotel Sultan, kawasan Senayan, Jakarta Pusat.

"Kejadiannya di depan mata saya," kata salah seorang saksi mata bernama Raja Ginting kepada wartawan di dekat lokasi sesaat pascaledakan, Minggu (17/2).


Menurut Raja, tidak ada percikan api saat terdengar ledakan. Namun dia menyebut ada asap hitam yang membubung setelah ledakan terjadi. "Seperti bom, asap hitam. Getaran ada, besar sekali getarannya," ujarnya.

Pasukan Brimob dan personel pun langsung mengamankan lokasi ledakan. Kapolda Metro Jaya Irjen Gatot Eddy Pramono menuturkan benda yang meledak adalah petasan.

"Kita melakukan pengamanan TKP dan Olah TKP dengan jibom hasil sementara yang kita temui sementara ini berupa ledakan petasan," ujar Gatot malam tadi.


Simak Juga 'CCTV Detik-detik Ledakan Petasan, Pelaku Diburu':

[Gambas:Video 20detik]


(aud/idh)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed