DetikNews
Senin 18 Februari 2019, 09:36 WIB

Blak Blakan

Muchdi Pr Ungkap Hubungan Dekatnya dengan Prabowo dan SBY

Erwin Dariyanto - detikNews
Muchdi Pr Ungkap Hubungan Dekatnya dengan Prabowo dan SBY Foto: Sudrajat/detik.com
Jakarta - Mayor Jenderal (Purnawirawan) Muchdi Purwopranjono dikenal bersahabat baik dengan Letjen (Purn) Prabowo Subianto. Persahabatan mereka terekam sejak 1976 ketika bersama-sama tugas di Timor Timur.



Selain itu, dia juga telah menjalin hubungan lama dengan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Sjafrie Sjamsoedin. Pada 1990-an Muchdi pernah memimpin tim kecil yang beranggotakan Prabowo, SBY, dan Sjafrie untuk mengkaji kebijakan terkait Timor Timur. Salah satu rekomendasinya adalah memberikan otonomi khusus.



Di pengujung Orde Baru, Muchdi dipercayakan menggantikan Prabowo sebagai Komandan Jenderal (Danjen) Kopassus. Tapi kemudian Prabowo dicopot sebagai Pangkostrad, begitu juga beberapa waktu kemudian Muchdi harus melepas jabatan Danjen Kopassus.

Selepas tak berkarier di militer, pada 2008 Muchdi bersama Prabowo membidani lahirnya Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Dia mengaku sebagai pihak yang ikut memasangkan Megawati dengan Prabowo di Pemilihan Presiden dan Wakil Presiden 2009. "2009 itu saya berhasil mengawinkan dalam tanda kutip Bu Mega dan Pak Prabowo, itu termasuk jasa saya di antaranya," kata dia.



Kemesraan Muchdi dan Prabowo mulai retak pada 2011. Ketika itu Muchdi ditawari menjadi Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan. Namun mantan Deputi V Badan Intelijen Negara itu gagal memimpin partai berlambang Kabah tersebut.

Di Pilpres 2014, Muchdi tak mendukung Prabowo yang ketika itu maju berpasangan dengan Hatta Rajasa. Dia lebih memilih mendukung Joko Widodo (Jokowi) yang berduet dengan Jusuf Kalla.

Kali ini, ketika Prabowo kembali berlaga di ajang Pilpres 2019, Muchdi tetap menyokong Jokowi. Sikap ini berbeda dengan Partai Berkarya pimpinan Hutomo Mandala Putra yang mendukung Prabowo.

Muchdi menyebut sosok Jokowi yang tegas dan sederhana sebagai alasannya. Juga keberhasilannya membangun berbagai proyek infrastruktur di tanah air dalam 4 tahun terakhir. Hal itu menunjukkan salah satu ketegasan Jokowi.

"Jadi tegas itu gak cuma tentara. Apakah SBY tegas? Dia 10 tahun jadi presiden," ujarnya.

Tapi saat ditanya apakah sebagai senior dan sahabat, dia melihat Prabowo punya ketegasan seperti Jokowi, dia menukas diiringi tawa berderai, "Tanya saja ke Fadli Zon."

Selengkapnya Tonton Blak blakan Muchdi Pr, 'Motif Mendukung Jokowi' di detikcom Senin, 18 Februari 2019 pukul 13.00 WIB.


Muchdi Pr Ungkap Hubungan Dekatnya dengan Prabowo dan SBYFoto: Nadia Permatasari W

(erd/jat)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed