detikNews
Minggu 17 Februari 2019, 18:30 WIB

Jadwal Debat Capres Jokowi Vs Prabowo, Begini Pembagian Segmennya

Tim detikcom - detikNews
Jadwal Debat Capres Jokowi Vs Prabowo, Begini Pembagian Segmennya Panggung debat capres kedua. (Dwi Andayani/detikcom)
Jakarta - Debat capres putaran kedua akan digelar malam ini. Dalam jadwal debat capres ini, akan dibagi menjadi enam segmen. Simak pembagiannya.

Debat kedua Pilpres 2019 akan digelar pada Minggu (17/2/2019) pukul 20.00 WIB. Jalannya debat akan ditayangkan secara langsung di detikcom lewat live streaming. Momen pradebat dan pascadebat juga akan ditayangkan.

Selain live streaming, jalannya debat bisa disimak lewat live report. Ada pula cek fakta yang akan menguji pernyataan-pernyataan capres-cawapres selama debat. Pantau juga akun-akun media sosial detikcom agar tak ketinggalan informasi.

Capres 01 Joko Widodo akan berdebat dengan capres 02 Prabowo Subianto soal infrastruktur, energi, pangan, lingkungan hidup, dan sumber daya alam. Durasi debat sekitar 90 menit.

Di sisi lain, KPU terus memantapkan persiapan menjelang debat capres putaran kedua, yang dilaksanakan di Hotel Sultan, Minggu (17/2) malam. Rencananya, debat capres putaran kedua dibagi menjadi 6 segmen.



"Jadi segmen pertama adalah penyampaian visi-misi program masing-masing kandidat," kata komisioner KPU Wahyu Setiawan.

Debat capres putaran kedua ini bertema energi, lingkungan hidup, infrastruktur, pangan, dan sumber daya alam.

Wahyu mengatakan, di segmen kedua dan ketiga, para kandidat diminta memperdalam visi-misi dan program masing-masing yang berkaitan dengan tema debat. Dalam segmen ini, para kandidat akan diberi pertanyaan-pertanyaan yang telah disusun tim panelis.

"Dengan pertanyaan dengan yang disusun oleh panelis yang disampaikan oleh moderator," ujar Wahyu.

Pada segmen keempat, KPU menamainya 'segmen eksploratif'. Wahyu menjelaskan, dalam segmen ini, kedua kandidat diberi pertanyaan melalui tayangan video.

"Keempat, kita menamai 'sesi eksploratif'. Jadi sesi ini nanti akan ada soal dari panelis yang dibuat video pendek untuk kemudian ditayangkan dan kemudian kita minta kandidat untuk menanggapinya," jelasnya.

Wahyu menambahkan segmen kelima adalah 'segmen inspiratif'. Ia mengatakan, dalam segmen ini, kedua kandidat diberi waktu untuk tanya-jawab satu sama lain. Kemudian segmen keenam penutup.

"Sesi yang kelima kita menamai 'sesi inspiratif', itu sesi berisi tanya-jawab antar-kandidat, kemudian sesi yang keenam sesi closing statement dari masing-masing kandidat secara umum," kata dia.

Ia menjelaskan setiap segmen itu tetap diberi batasan waktu. Selain itu, Wahyu menyebut, dalam debat capres putaran kedua ini, KPU tidak meminta para kandidat mengapresiasi satu sama lain. "Nggak ya terserah (memberi apresiasi atau tidak)," tambahnya.


Simak Juga Video "BPN: Debat Pilpres Kedua Ini Beban Berat Jokowi"

[Gambas:Video 20detik]


(fjp/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com