DetikNews
Sabtu 16 Februari 2019, 18:28 WIB

Jelang Perayaan Cap Go Meh, 800 Polisi Siap Amankan Pulau Kemaro

Raja Adil Siregar - detikNews
Jelang Perayaan Cap Go Meh, 800 Polisi Siap Amankan Pulau Kemaro Suasana di Pulau Kemaro jelang perayaan Cap Go Meh. Ada 800 personel polisi yang disiagakan (Foto: Raja Adil Siregar/detikcom)
Palembang - Perayaan Cap Go Meh akan digelar di Pulau Kemaro, kota Palembang, Sumatera Selatan. Polisi pun menyiapkan 800 personel untuk pengamanan khusus dan pengaturan lalu lintas.

"Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro tahun ini ada 800 personel pengamanan. Semua personel tersebar di delapan pos," terang Kapolresta Palembang, Kombes Didi Hayamansyah, saat ditemui di Pulau Kemaro, Sabtu (16/2/2019).


Foto: Raja Adil Siregar/detikcom

Didi mengatakan seluruh personel diterjunkan untuk menjaga Pulau Kemaro. Petugas berjaga dari pintu masuk, parkiran, sampai ke pengaturan lalu lintas di arah Polsek Kalidoni menuju pulau.

"Banyaknya personel ini karena diprediksi 10 ribu lebih pengunjung yang datang ke Pulau Kemaro. Makanya ada buat pos di dalam dan di luar pulau agar lebih aman," imbuh Didi.

Didi mengatakan untuk sampai ke Pulau Kemaro ini sudah ada dua pilihan utama. Bisa dari jalur sungai Musi menggunakan perahu ketek di bawah Ampera, atau dari jalur darat arah Polsek Kalidoni.

Foto: Raja Adil Siregar/detikcom


Untuk jalur darat, panitia dan keamanan telah menyiapkan kantong parkir. Setiap pengunjung akan diarahkan polisi untuk melewati tongkang yang dijajarkan dan membentuk jembatan.

"Sekarang ini sudah ada jalur darat pakai tongkang yang disusun. Jadi harapannya memang pengunjung bisa melewati jalur darat atau pakai ketek," imbuh Didi.

Foto: Raja Adil Siregar/detikcom

Tak hanya Pulau Kemaro, perayaan Cap Go Meh juga digelar Dinas Pariwisata di Kampung Kapitan. Bahkan di Kampung Kapitan, perayaan dalam bentuk festival yang digelar selama 3 hari.

"Kampung Kapitan sekarang sudah jalan dan diamankan polsek dan koramil. Jadi pengamanan mulai hari ini sampai Senin
(ras/jbr)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed