DetikNews
Jumat 15 Februari 2019, 19:21 WIB

4 Fakta Emil Dardak yang Baru Dilantik Jadi Wagub Jatim

Tim detikcom - detikNews
4 Fakta Emil Dardak yang Baru Dilantik Jadi Wagub Jatim 4 Fakta Emil Dardak yang Baru Dilantik Jadi Wagub Jatim (Foto: dok. Instagram @Emildardak)
Jakarta - Emil Dardak baru saja dilantik menjadi Wakil Gubernur baru Jawa Timur periode 2019-2024 untuk mendampingi Khofifah Indar Parawansa. Siapa sebenarnya Emil?

Pria bernama lengkap Emil Elestianto Dardak ini lahir di Jakarta, 20 Mei 1984. Dia merupakan Wakil Gubernur Jawa Timur, yang menjabat sejak 13 Februari 2019.

Berikut ini fakta tentang Emil Dardak.



1. Bupati Trenggalek

Emil pernah menjabat Bupati Trenggalek sejak 17 Februari 2016 hingga 12 Februari 2019. Berpasangan dengan Wakil Bupati Mochamad Nur Arifin, Emil memenangi pemilihan kepala daerah serentak di Kabupaten Trenggalek pada 2015.

Emil dan Mochamad Nur Arifin menjadi pasangan termuda pada pilkada serentak 2015.

2. Doktor S3 dari Jepang

Emil adalah peraih gelar doktor ekonomi pembangunan termuda di Jepang dari Ritsumeikan Asia Pacific University. Saat itu usianya 22 tahun.

Emil memperoleh gelar diploma dari Melbourne Institute of Business and Technology pada 2001 atau saat berusia 17 tahun. Emil kemudian meneruskan pendidikan S1 di Universitas New South Wales, Australia. Sedangkan gelar S2 dan S3 didapatkan dari Ritsumeikan Asia Pacific University, Jepang.

3. Cucu Kiai NU

Emil Dardak merupakan cucu H Mochamad Dardak, salah satu kiai Nahdlatul Ulama. Ayahnya adalah Hermanto Dardak, Wakil Menteri Pekerjaan Umum periode 2010-2014. Sedangkan dari sang ibu, Sri Widayati, mengalir darah Letjen Anumerta Wiloejo Poespojudo, Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional pertama di era Bung Karno.



4. Suami Artis Arumi Bachsin

Emil Dardak menikahi artis Arumi Bachsin di Rumah Maroko, Menteng, Jakarta Pusat, pada 30 Agustus 2013. Keduanya dikaruniai anak bernama Lakeisha Ariestia Dardak dan Alkeinan Mahsyir Putro Dardak.
(nwy/fjp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed