DetikNews
Rabu 13 Februari 2019, 13:51 WIB

10 Fakta Hari Valentine yang Jarang Diketahui Orang

Tim detikcom - detikNews
10 Fakta Hari Valentine yang Jarang Diketahui Orang 10 Fakta Hari Valentine yang Jarang Diketahui Orang/Foto: Hari Valentine
Jakarta - Bulan Februari identik dengan bulan kasih sayang yakni pada 14 Februari. Banyak orang yang merayakan Hari Valentine atau biasa juga disebut sebagai hari kasih sayang.

Pada tanggal ini semua orang akan mencoba mengungkapkan perasaan mereka dan bersama dengan orang yang mereka sayangi.

Di dunia barat sendiri, Hari Valentine merupakan hal wajib yang dirayakan terutama bersama dengan orang-orang tercinta. Namun Hari Valentine ini sebenarnya berkaitan dengan berbagai kisah sedih dan legenda yang masih belum jelas adanya.

Dalam artikel berikut ini akan kita bahas mengenai fakta menarik tentang hari Valentine yang jarang diketahui banyak orang:



1. Jiwa Murni

Pasti banyak orang yang bertanya-tanya, mengapa Hari Valentine disimbolkan dengan lambang hati. Sebenarnya penggunaan simbol hati di Hari Valentine ini karena dianggap sebagai salah satu simbol jiwa murni seorang manusia yang selalu tinggal di dalam hati.

Sedangkan warna merah dipilih karena merupakan warna yang dianggap paling romantis. Simbol ini melambangkan bahwa Hari Valentine tidak harus bersama dengan kekasih. Namun selama orang tersebut adalah orang yang kamu sayang, maka Hari Valentine dapat dirayakan bersama. Selain itu lambang hati menandakan perasaan yang tersimpan secara tulus dan diungkapkan menggunakan ucapan Valentine Day.

2. Coklat Valentine

Gagasan pertama mengapa Valentine identik dengan coklat, awal mulanya berasal dari gagasan Richard Cadbury yang memperkenalkan hadiah sekotak coklat pada tahun 1868 untuk diberikan kepada orang yang disayangi. Richard Cadbury juga sengaja membuat coklat edisi khusus untuk Hari Valentine.

Namun banyak legenda juga yang mengatakan bahwa pemberian coklat ini dimulai dari budaya masyarakat Eropa. Mereka memberikan coklat sebagai kudapan khusus untuk orang yang tersayang pada tahun 1415 dan berlangsung hingga saat ini.

3. Mitos Valentine

Fakta selanjutnya yang harus diketahui adalah mitos atau ada sebuah kepercayaan pada abad pertengahan. Orang yang masih single dan berlawanan jenis yang pertama kali bertemu pada tanggal 14 Februari, dipercaya akan menjadi seorang pasangan atau pun berjodoh.

Selain itu ada mitos lain yang berkembang di Hari Valentine, yakni jika melihat burung gereja terbang pada hari tersebut maka ia akan menikahi seorang pelaut. Sedangkan jika melihat seekor burung gagak maka ia akan menikahi seorang yang miskin. Namun banyak orang yang berharap untuk melihat burung goldghin, karena mitosnya jika melihat burung tersebut maka akan menikahi seorang yang kaya raya.

4. Bunga Valentine

Fakta selanjutnya yang perlu diketahui adalah terkait bunga Valentine. Umumnya ketika hari kasih sayang ini tiba, banyak pasangan yang menyatakan perasaan mereka. Berdasarkan riset, pada Hari Valentine ada beberapa data yang mereka dapat mengenai bunga. Di antaranya adalah sekitar 85 persen pasangan di dunia membawa bunga di Hari Valentine.

Sedangkan riset lain menyebutkan hampir 73 persen bunga dibawa oleh seorang pria. Sedangkan 23 persen dibawa oleh wanita untuk dirinya sendiri. Fakta ini memang mengejutkan mengingat Hari Valentine umumnya dirayakan bersama dengan pasangan.

5. Bunga Mawar

Mungkin sebagian dari kamu banyak yang bertanya, mengapa bunga yang diberikan ketika Hari Valentine haruslah mawar merah atau mawar putih. Sebenarnya hal ini kembali pada legenda yang menyatakan bahwa bunga mawar merupakan bunga favorit Dewi Venus, yaitu Dewi Cinta. Sedangkan mawar juga seringkali dianggap sebagai perlambang perasaan yang kuat akan cinta.

Sehingga banyak orang memutuskan untuk memberikan bunga mawar baik warna merah sebagai perlambang perasaan yang menggebu-gebu atau warna putih sebagai perasaan yang melambangkan perasaan yang tulus. Namun ketika Hari Valentine tiba, impor mawar merah besar-besaran akan dilakukan khususnya di Amerika Serikat hingga memakan bahan bakar sangat besar dalam proses impornya.

6. Sejak Abad ke-17

Hari Valentine nyatanya sudah lama dirayakan oleh masyarakat, khususnya yang berada di daerah Eropa. Di Inggris sendiri, selebrasi Hari Valentine sudah dimulai sejak abad ke-17 dan pertengahan abad ke-18. Selebrasi ini awalnya dirayakan dengan cara bertukar uang koin atau pun surat dengan bertulisan tangan yang menyatakan ungkapan rasa cinta.

Selain itu pada abad ini banyak sekali tantangan yang memanfaatkan Hari Valentine untuk menembak pasangannya atau menyatakan perasaan untuk menikah. Hal ini berlangsung hingga sekarang, di mana valentine menjadi momen tepat dalam mengungkapkan perasaan.

7. Surat untuk Juliet

Anda tentu tahu kan kisah cinta romantis yang tragis antara Romeo dan Juliet? Kisah ini berkaitan dengan Hari Valentine yang umumnya dirayakan pada 14 Februari. Setiap Hari Valentine, di tempat tersebut akan menerima sekitar 1.000 surat yang ditujukan khusus kepada Juliet untuk menyatakan mengenai kisah cinta tragis mereka. Surat berasal dari berbagai fans Shakespeare yang ada di seluruh dunia khususnya yang berada di area Eropa.



8. Hadiah Cinta

Hari Valentine identik dengan hari kasih sayang atau pun hari cinta. Namun apakah anda tahu bahwa hadiah cinta paling fantastis adalah keajaiban dunia Taj Mahal yang ada di India? Taj Mahal sengaja dibangun oleh Kaisar Mughal sebagai peringatan kepada istrinya yang sudah meninggalkannya lebih dahulu.

Hal ini juga sebagai bangunan bentuk cinta bahwa ia tidak akan pernah melupakan istrinya dan akan kisah cinta mereka bisa menjadi bangunan yang abadi. Taj Mahal masuk ke dalam bangunan keajaiban dunia yang menandakan kemewahan dan kehebatan arsitek pada zaman itu.

9. Pasangan Romantis dan Mitosnya

Berdasarkan survei, 51 persen pasangan ingin merayakan Valentine dengan cara makan malam romantis ataupun menghabiskan waktu bersama. Selain itu 67 persen pria dan wanita lajang akan memilih Hari Valentine sebagai hari mencari jodoh dan waktu kencan yang paling tepat. Sehingga Hari Valentine menjadi hari favorit untuk berjalan bersama pasangan atau pun seseorang yang anda sukai. Sedangkan 90 persen warga Kanada akan memberi hadiah untuk pasangannya ketika Hari valentine tiba. Sehingga saat 14 Februari datang, negara Kanada merayakan Valentine besar-besaran seperti halnya Natal ataupun Paskah tiba.

10. Riset Menyedihkan di Hari Valentine

Nyatanya Hari Valentine tidak hanya dihiasi oleh hari kasih sayang. Namun juga hal-hal menjadikan seperti legenda yang banyak disebutkan. Pada Hari Valentine muncul riset yang mengatakan bahwa 75 persen percobaan bunuh diri didasarkan oleh masalah hubungan percintaan. Selain itu, hal ini juga terlihat dengan Hari Valentine di mana cukup banyak pria dan wanita yang gagal menyatakan perasaan mereka pada Hari Valentine tiba. Sehingga mereka mengalami frustrasi dan tingkat bunuh diri menjadi tinggi, khususnya di Amerika Serikat.


Simak Juga 'Sejarah Valentine yang Jauh dari Arti Kasih Sayang':

[Gambas:Video 20detik]



(nwy/van)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed