DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 19:19 WIB

Debat Kedua, Prabowo akan Pertanyakan Impor dan Efektivitas Infrastruktur

Elza Astari Retaduari - detikNews
Debat Kedua, Prabowo akan Pertanyakan Impor dan Efektivitas Infrastruktur Saleh Daulay (Foot: dok. pribadi)
Jakarta - Prabowo Subianto akan membahas kebijakan pemerintah capres petahana Joko Widodo dalam debat kedua Pilpres 2019. Empat bidang dalam tema debat akan dikupas tuntas oleh capres nomor urut 02 itu.

Dalam debat kedua Pilpres 2019, yang akan digelar pada Minggu (17/2) mendatang, hanya capres yang akan tampil. Tema debat terkait isu energi, pangan, sumber daya alam, lingkungan hidup dan kehutanan, serta infrastruktur.

"Prabowo akan mengurai secara lebih dalam persoalan tersebut. Pasalnya, tema-tema itu masih menyisakan banyak persoalan, termasuk bagaimana ketahanan energi kita semakin terjamin," ungkap juru debat BPN Prabowo-Sandiaga Uno, Saleh Daulay, kepada wartawan, Selasa (12/2/2019).


Soal pangan, Prabowo disebut akan menyoroti masih adanya impor yang dilakukan pemerintah. Menurut Saleh, masih banyaknya impor akan berdampak pada kesejahteraan ekonomi.

"Begitu juga persoalan pangan yang sampai sekarang masih banyak yang diimpor. Impor pangan ini sudah sering diperdebatkan di luar gelanggang debat. Saya yakin tema itu akan diperdebatkan. Sebab, impor pangan sangat berpengaruh pada tingkat kesejahteraan petani," kata politikus PAN itu.

"Soal sumber daya alam juga masih akan disoal. Pasalnya, sumber daya dan kekayaan alam Indonesia dinilai belum berdampak bagi kesejahteraan rakyat. Belum lagi eksploitasi sumber daya tersebut berdampak tidak baik bagi lingkungan hidup," lanjutnya.


Untuk bidang infrastruktur, Prabowo, disebut Saleh, akan menyoroti efisiensi dan efektivitas pembangunan besar-besaran yang dilakukan pemerintahan Jokowi. Eks Danjen Kopassus tersebut sudah mempersiapkan banyak data sebagai bahan argumentasi.

"Bidang infrastruktur, mungkin akan disoal terkait efisiensi dan efektivitasnya bagi peningkatan kesejahteraan rakyat. Infrastruktur ini juga sudah sering diperdebatkan di luar debat formal. Kemungkinan perdebatannya akan berputar di sekitar itu juga. Hanya, argumennya akan didukung dengan data dari berbagai sumber yang bisa dipercaya," urai Saleh.

Anggota DPR itu mengaku tak bisa banyak mengungkap apa saja yang akan disampaikan Prabowo nanti. Saleh meminta masyarakat menanti debat akhir pekan nanti.

"Secara detail tentu tidak bisa disampaikan. Silakan tunggu saja tanggal mainnya. Kali ini kami yakin pasangan Prabowo-Sandi akan unggul," tuturnya.
(elz/elz)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed