DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 18:06 WIB

Polda Metro Jaya Selidiki Akun Instagram 'Komik Muslim Gay'

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Polda Metro Jaya Selidiki Akun Instagram Komik Muslim Gay Gedung Promoter Polda Metro Jaya (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta - Polda Metro Jaya menyelidiki akun Instagram 'komik muslim gay' yang mengandung konten pornografi. Polisi akan menelusuri asal-usul akun tersebut.

"Kita cek dulu nanti (cek akun Instagram itu), kita belum tahu soalnya, ya nanti kita lidik," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Argo Yuwono di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Argo mengatakan pihak kepolisian belum mendapat laporan dari masyarakat terkait akun tersebut. Meski demikian, polisi tetap akan menyelidikinya.

"Belum ada informasi (adanya komik gay)," ungkap Argo.

Akun Instagram bernama alpa***** diketahui memuat konten-konten dewasa yang meceritakan kehidupan gay. Akun tersebut memiliki 5.933 followers.

Dilihat detikcom, Selasa (12/2) sore, akun tersebut masih eksis. Bio pada akun tersebut adalah 'Komik Muslim Gay untuk orang yang bisa berfikir'. Foto profil akun adalah sosok kartun pria berkulit warna cokelat dan berpeci hitam.



Sudah 10 foto yang di-posting akun tersebut sejak 24 Januari 2019. Sesuai dengan bionya, posting-an di akun tersebut memuat komik yang menceritakan kehidupan seorang pria muslim yang memiliki orientasi seksual sesama jenis.

Kemunculan akun tersebut membuat resah masyarakat. Sebagian besar netizen memprotes akun tersebut dan meminta Instagram menutup akun tersebut.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) menyebut akun tersebut dikelola warga negara tetangga.

"Sedang kami telusuri, indikasi awal akun tersebut dari Malaysia," ujar Plt Kepala Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo) Ferdinandus Setu kepada wartawan, Minggu (10/2/2019).

Namun komentar-komentar di akun itu didominasi akun-akun WNI. Banyak netizen yang mengutuk posting-an @alpant**i. Sebagian netizen pengunjung akun itu me-mention akun Kementerian Kominfo, Humas Polri, dan Kementerian Agama.

"MOHON SEGERA DITINDAKLANJUTI! KOMIK SESAT ASTAGHFIRULLAHAL'ADZIM @kemenag_ri @kemenag_ri @kemenag_ri" tulis akun @afinaunurrohim.

"Tolong di tindak pak cc: @divisihumaspolri @cybercrimepolri @krishnamurti_bd91," tulis @hbamazing.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed