DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 17:03 WIB

KPU: Hanya Yogya yang Surat Suaranya Belum Didistribusikan

Dwi Andayani - detikNews
KPU: Hanya Yogya yang Surat Suaranya Belum Didistribusikan Foto: Andhika Prasetia/detikcom
Jakarta - KPU sedang melakukan proses pengiriman surat suara sebagai logistik Pemilu 2019. KPU mengatakan hanya Yogyakarta yang surat suaranya belum didistribusikan.

"Sampai saat ini yang belum sama sekali adalah Jogja," ujar komisioner KPU Ilham Saputra di kantor KPU, Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat, Selasa (12/2/2019).

Ilham mengatakan hal ini dikarenakan salah satu percetakan surat suara terdapat di Yogyakarta. Selain itu, menurutnya, hal ini karena tidak ada persoalan geografis untuk pengiriman.





"Jogja percetakannya kan di situ, dekat dan secara geografis tidak ada persoalan krusial terkait dengan distribusi logistik tersebut," ujar Ilham.

Dia juga mengatakan pihaknya mengutamakan pengiriman surat suara di daerah-daerah yang sulit tempuh. Salah satu daerah yang telah dikirimi surat suara adalah Aceh.

"Kita mengutamakan daerah-daerah yang jauh terlebih dahulu, Aceh itu sudah semua, dan beberapa daerah lain," tuturnya.

Pihaknya telah mengantisipasi pengamanan logistik dari berbagai kondisi. Hal ini dengan memberikan standar logistik dan standar gudang sebagai tempat penyimpanan logistik pemilu.

"Kita antisipasi dan kita sudah memberikan standar logistik, standar gudang logistik bagi teman-teman KPU kabupaten/kota. Nah, sampai saat ini belum ada yang bermasalah kecuali kemarin di Cirebon," kata Ilham.
(dwia/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed