DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 15:52 WIB

Ketua KPU DKI: Setop Hoax dan Politisasi SARA demi Pemilu Damai

Samsuduha Wildansyah - detikNews
Ketua KPU DKI: Setop Hoax dan Politisasi SARA demi Pemilu Damai Foto: Lamhot Aritonang
Jakarta - Informasi hoax hingga ujaran kebencian mewarnai iklim politik pemilu 2019. Ketua KPU DKI Jakarta Betty Epsilon Indroos mengimbau masyarakat untuk tidak menyebarkan hoax dan mempolitisasi SARA demi terwujudnya pemilu damai.

"Tinggal beberapa hari lagi dengan tagline yang sudah ditetapkan KPU, sesuai apa yang menjadi tagline bapak kamtibmas Polda Metro Jaya yaitu say no to hoax dan politisasi SARA demi pemilu yang berdaulat, negara kuat," kata Betty kepada wartawan di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Selasa (12/2/2019).

Pemilu serentak digelar pada 17 April 2019. Tercatat ada 7,6 juta pemilih yang terdaftar dalam DPT.

"Dalam surat suara kita akan ada 1.615 calon anggota DPRD Provinsi DKI Jakarta yang akan memperebutkan 160 kursi di DPRD Provinsi DKI Jakarta," ungkap Betty.

Kemudian, ada 311 caleg DPR dari 3 dapil DKI Jakarta yang memperebutkan 21 kursi. Sementara 26 calon anggota DPD dan dua pasangan calon presiden dan wakil presiden dalam pemilu 2019 ini.

"Di mana bapak ibu semua yang terdaftar dalam DPT akan memperoleh 4 surat suara sekaligus," ungkapnya.



Pemilu 2019 akan menjadi sejarah untuk menentukan pemimpin negara dalam 5 tahun ke depan. Seluruh masyarakat diminta mendukung jalannya pemilu aman, damai dan tenteram.

"ini adalah sejarah baru bagi setiap insan di Republik Indonesia, bapak/ibu semua dengan berbagai kepentingan harus mendukung penuh apa prinsip jujur dan adil menjadi asas pemilu kita berdasarkan UU No.7 tahun 2017," sambungnya.

Masyarakat diminta berpartisipasi penuh dalam pemilu 2019.

"Mudah-mudahan pemilu tahun 2019 betul-betul menjadikan kita pemilih berdaulat demi negara yang semakin kuat sebagai pemilih tentu kita jaga asas jujur dan adil. Bapak ibu yang memilih silakan datang ke TPS tanggal 17 April 2019, TPS dibuka dari pukul 7.00 pagi samai dengan pukul 13.00 WIB siang," lanjutnya.

Betty juga berharap agar pihaknya tetap menjalankan tugas dalam pemilu ini secara profesional. "Sebagai penyelenggara tentu doakan kami, dapat berjalan lancar menjalankan tugas secara profesional dan berintegritas. Sebagai stakeholder saya meminta dukungan bapak ibu sekalian secara berkelanjutan demi pemilu 2019," tandasnya.


(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>