DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 15:39 WIB

Penyelidik Bumi Minta Warga Lebak Banten Waspadai Pergerakan Tanah

Bahtiar Rifa'i - detikNews
Penyelidik Bumi Minta Warga Lebak Banten Waspadai Pergerakan Tanah Rumah warga retak-retak di Lebak. (Bahtiar/detikcom)
Lebak - Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi meminta warga waspada terhadap pergerakan tanah yang mengakibatkan 104 rumah warga di Lebak retak. Sebab, pergeseran tanah akan semakin besar saat terjadi hujan.

Penyelidik bumi, Yunara Dasatriana, mengatakan pergeseran tanah yang merusak ratusan rumah di Lebak masuk kategori rayapan. Topografi tanah di Desa Sudamanik di Kecamatan Cimarga, menurutnya, tidak terlalu terjal.

"Faktor utama (pergerakan tanah) karena kondisi tanah penutup dan batuan bersifat meresap air," kata Yunara kepada wartawan setelah meninjau retakan tanah di Cimarga, Lebak, Banten, Selasa (12/2/2019).



Secara geologi, tanah di wilayah ini mudah meloloskan air sementara ke lapisan bawah, termasuk lapisan napal (kapur). Curah hujan yang tinggi menyebabkan erosi sehingga menimbulkan pergeseran tanah.

"Dilemahkan erosi itu, maka akan mudah semakin bergerak. Kemudian dari kondisi geologi ini permukiman ini memang dia searah dengan bidang perlapisan yang mengarah ke sungai," katanya.



Untuk mengantisipasi agar tidak ada pergerakan tanah, ia mengimbau warga tidak menggenangkan air di tanah. Jika saat hujan tiba, warga lebih baik mengungsi karena berpotensi terjadi retakan baru.

"Menurut BMKG, perkiraan masih tinggi curah hujan di bulan Februari ini. Jika curah hujan harus mulai waspada perkembangan pergerakan sebaiknya mengungsi ke lokasi jauh dari retakan," pungkasnya.

Sebelumnya, 104 warga kampung Jampang retak-retak akibat pergerakan tanah. Bahkan dua rumah sudah ambruk akibat tanah yang bergeser selama kurang lebih sebulan lalu. Pergerakan tanah ini terjadi sekitar 1 kilometer. Bahkan ada retakan di perkebunan warga. Warga setempat khawatir terjadi longsor, khususnya saat hujan tiba.
(bri/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed