DetikNews
Selasa 12 Februari 2019, 14:42 WIB

Polisi Cek Kejiwaan Ayah Tiri yang Banting Anak hingga Tewas

Matius Alfons - detikNews
Polisi Cek Kejiwaan Ayah Tiri yang Banting Anak hingga Tewas Foto: Matius Alfons/detikcom
Depok - Penyidik Polresta Depok bekerja sama dengan P2TP2A kota Depok memeriksa kondisi psikologis Hari Kurniawan. Pemeriksaan ini untuk mengetahui kondisi kejiwaan tersangka yang mengaku mendapat bisikan untuk menganiaya anak tirinya hingga tewas.

"Ini tujuannya salah satunya untuk mengetahui bagaimana kemudian kondisi psikologis dari pelaku ketika melakukan perbuatannya di saat melakukan penganiayaan terhadap bayinya, salah satunya juga untuk menguatkan penyidikan, untuk mempersangkakan perbuatan pidana kepada tersangka," kata Kasubag Humas Polresta Depok AKP Firdaus kepada wartawan di kantor Reskrim Polresta Depok, Jalan Margonda Raya, Pancoran Mas, Depok, Selasa (12/2/2019).

Selain itu, pemeriksaan psikologis ini untuk membuktikan pengakuan tersangka mendapat bisikan sebelum membanting anaknya sampai meninggal.

"Ya termasuk (bisikan) ya, melakukan pemeriksaan secara psikologis nanti akan terlihat apakah betul yang disampaikan atau artinya memang itu hanya karangan tersangka semata mata untuk mengelabui penyidik," ungkap Firdaus.



Pemeriksaan dilakukan di Mapolresta Depok oleh psikolog P2TP2A, Raden Ayu Inu Virgiani Augustia. Dalam pemeriksaan tersebut, psikolog akan menggali soal motif tersangka melakukan penganiayaan yang menewaskan bayi berusia 2 tahun itu.

"Ya untuk hari ini saya belum bisa bicara banyak karena memang baru pertemuan pertama, tapi akan didapatkan minimal motif dan kepribadian pelaku. Juga akan diberikan pemeriksaan agresivitas apakah memang beliau terbiasa seperti itu melakukan kekerasan terhadap anak dan juga seperti yang penyidik bilang tersangka sempat menyatakan mendengar bisikan, itu juga harus dipastikan karena ini hal biasa sudah sering sekali pelaku bilang dapat bisikan dan lain sebagainya," jelas Virgiani.

Pemeriksaan ini baru pertama kalinya dilakukan. Untuk mengetahui kondisi psikologis yang lebih mendalam, perlu waktu setidaknya 4 hari.

"Minimal 4 kali untuk melihat gambaran umum melihat kepribadian seseorang," tandas Virgiani.




(mea/mea)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed