DetikNews
Senin 11 Februari 2019, 04:35 WIB

Petani Brebes Curhat ke Sandiaga soal Kebijakan Impor Gula

Muhammad Fida Ul Haq - detikNews
Petani Brebes Curhat ke Sandiaga soal Kebijakan Impor Gula Foto: instagram @sandiuno
Jakarta - Calon Wakil Presiden nomor urut 02 Sandiaga Uno berdialog bersama warga dan petani di Brebes, Jawa Tengah. Kepada Sandiaga, petani tebu mengeluhkan kebijakan impor gula yang dinilai merugikan.

"Duh pak, petani ini menangis, tidak ada yang nolongin. Kenapa sih impor gula terus? Kasihan petani tebu ini", kata salah satu petani Abdul Choir di Lapangan Desa Wlahar Kecamatan Larangan Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Minggu (10/2/2019).

Abdul mengatakan dampak impor gula menyebabkan tutupnya pabrik di Jawa Tengah. Dia mengatakan banyak petani menderita akibat kebijakan tersebut.

"Bayangkan pak, pabrik gula yang tadinya ada 13 di Jawa Tengah, sekarang tinggal lima. Saya mau tanya apa yang ada di benak bapak biar petani nggak menangis?," tanya Abdul.

Sandiaga sendiri menuturkan telah membuat kontrak politik dengan petani untuk menyetop impor gula. Dia juga berjanji akan menghidupkan kembali pabrik gula pemerintah.

"(Kontrak politik) salah satunya stop impor saat petani tebu panen serta menghidupkan kembali pabrik gula pemerintah," ucap Sandiaga.

Soal tebu Sandiaga sudah menandatangani kontrak politik dengan para petani tebu di Lumajang pada tahun lalu. Ada tujuh permintaan para petani yang harus diselesaikannya jika diberi amanat menjadi pelayan masyarakat Indonesia.

"Saya bacakan lagi kontrak tujuh poin yang diminta para petani tebu untuk dibenahi. Stop impor, memberantas mafia pangan, subsidi pupuk, aat-alat pertanian, revitalisasi pabrik gula pelat merah, memberikan kredit lunak dan ringan pada petani tebu, menghapus monopoli penjualan gula serta memperbaiki tata niaga gula. Ini sudah saya tandatangani, Insya Allah saya akan penuhi jika amanat diberikan kepada Pak Prabowo dan saya," kata Sandiaga saat berkampanye di Kediri, Jawa Timur, Kamis (20/12/2018).
(fdu/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed