detikNews
Jumat 08 Februari 2019, 13:05 WIB

JK Tepis BPN Prabowo Soal Tarif Tol: Jagorawi Termurah di Dunia

Noval Dhwinuari Antony - detikNews
JK Tepis BPN Prabowo Soal Tarif Tol: Jagorawi Termurah di Dunia Wapres JK (Foto: Noval Dhwinuari Antony/detikcom)
Jakarta - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) membantah tudingan Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno yang menyebut tarif tol di Indonesia termahal se-ASEAN. Menurut JK, ada beberapa tarif tol yang murah, bahkan Tol Jagorawi menurutnya termurah di dunia.

"Kalau yang termurah justru (tol) ke Bogor itu, Tol Jagorawi, itu mungkin termurah di dunia malah (karena sudah lama)," kata JK di Markas Pusat PMI, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Selatan, Jumat (8/2/2019).




JK mengaku belum mengetahui perbandingan harga tol di Indonesia dengan semua negara ASEAN. Namun menurutnya harga tol di Malaysia juga mahal.

"Saya tidak tahu perbandingannya, tapi di Malaysia di sana juga mahal," ujarnya.

JK mengungkapkan, mahal tidaknya tarif tol akan sangat tergantung berapa lama usia jalan tol tersebut. Tol Jagorawi dan Tol Cipularang menurutnya lebih murah karena merupakan tol yang telah lama dibangun. Sementara tol yang baru dibangun relatif agak mahal.

"Tergantung kapannya (dibangun). Kalau investasinya baru, memang agak mahal. Tapi tidak semua mahal (tidak), ke Bandung saja murah Tol Cipularang. Yang mahal itu tol baru," imbuhnya.




Sebelumnya, Jubir BPN Prabowo, Suhendra Ratu Prawiranegara, menyebut tarif tol di Indonesia merupakan tarif tol termahal di Asia Tenggara. Staf Khusus Menteri Pekerjaan Umum 2005-2009 ini merincikan, rata-rata tarif tol di Indonesia berkisar Rp 1.300 hingga Rp 1.500 per kilometernya. Sementara di negara-negara tetangga, seperti Singapura Rp 778/km, Malaysia Rp 492/km, Thailand dalam kisaran Rp 440/km, Vietnam dalam kisaran Rp 1.200/km, dan Filipina Rp 1.050/km.

"Dengan merujuk fakta dan angka di atas, bukan hal yang aneh jika para pengguna jalan tol di Indonesia protes atas tarif tol yang mahal," kata Suhendra dalam keterangannya, Kamis (7/2).


Simak Juga 'Jokowi: Yang Suruh Makan Jalan Tol Siapa?':

[Gambas:Video 20detik]


(nvl/dhn)


Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com