DetikNews
Kamis 07 Februari 2019, 12:45 WIB

Kasus Rabies di Dompu NTB Meningkat, Total 5 Orang Meninggal

Faruk - detikNews
Kasus Rabies di Dompu NTB Meningkat, Total 5 Orang Meninggal Ilustrasi/Foto: Rifkianto Nugroho
Dompu - Pemkab Dompu, NTB, mencatat ada 544 orang yang digigit anjing. Lima orang di antaranya meninggal dunia karena kasus rabies.

"Sekarang sudah 544 orang yang digigit anjing, 5 orang meninggal dunia. Terakhir yang meninggal dunia anak usia 5 tahun. Meninggalnya di RSUD tanggal 3 Februari 2019," ujar Bupati Dompu Bambang M Yasin, Kamis (7/2/2019).

Kasus rabies sudah ditetapkan menjadi kejadian luar biasa (KLB) sejak 21 Januari 2019. Saat ini tim pengendalian virus rabies dari Dinas Kesehatan dan Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan memberikan vaksin untuk 1.729 ekor anjing peliharaan dan puluhan sapi serta 59 ekor kucing.

"Akar masalahnya adalah anjing, jadi kita harus bunuh anjing-anjing liar. Kita sudah bentuk tim pengendalian anjing yang diketua oleh Camat masing-masing Kecamatan untuk memburu anjing-anjing ini," kata Bambang.

Dari data Dinas Kesehatan Hewan, kasus gigitan anjing tersebar di 8 kecamatan di Dompu, dengan kejadian tertinggi di Kecamatan Kempo. Di kecamatan itu ada 262 warga terkena gigitan anjing.
(fdn/fdn)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed
>