DetikNews
Rabu 06 Februari 2019, 19:45 WIB

Belajar Semangat Hidup dari Driver Ojol Asal Blora Ini

Robi Setiawan - detikNews
Belajar Semangat Hidup dari Driver Ojol Asal Blora Ini Foto: Instagram/Grab
Jakarta - Terlahir disabilitas bukan alasan bagi Kalis Mupriyanto untuk putus harapan dan tidak mandiri. Pria kelahiran 11 April 1989 ini justru mampu membuktikan bahwa keterbatasannya bukanlah sebuah hambatan.

Sejak kelas I SD Kalis sudah belajar mengendarai sepeda hanya dengan mengandalkan satu tangan. Tentu bukan hanya bersepeda, ia pun belajar membiasakan melakukan segala hal dengan satu tangannya.

Alih-alih bergantung pada orang lain, Kalis yang beranjak dewasa justru tak mau dirinya hanya menunggu bantuan orang. Ia mulai dengan menjadi tenaga penjual produk pertanian.


Dari situ ia mulai bisa mencukupi kebutuhannya sendiri. Hingga akhirnya memutuskan berumah tangga sampai dikaruniai seorang anak.

Dengan keadaan berumah tangga, kebutuhannya kian bertambah. Kurangnya penghasilan serta minimnya lapangan kerja bagi disabilitas di Blora membuat Kalis memutuskan bergabung dengan Grab.

Akhirnya Grab menjadi titik terangnya. Dengan mengandalkan skuter matik miliknya yang sudah dimodifikasi, yaitu menggunakan handle gas kiri, Kalis memulai kariernya sebagai mitra driver Grab sejak Desember 2017.

Dikutip dari Instagram Grab, Rabu (6/2/2019), pada awalnya dengan kondisi tangannya yang hanya satu seringkali membuat calon penumpangnya ragu. Namun Kalis selalu bisa meyakinkan mereka bahwa ia mampu.


Pada akhirnya dengan profesinya sekarang Kalis bisa meningkatkan penghasilan untuk kebutuhan keluarganya. Ia pun lebih punya waktu di rumah untuk dihabiskan bersama istri dan anaknya yang telah berusia tiga tahun.

"Kerja keras dan keramahan Kalis, adalah yang paling mengesankan menurut kawan-kawan sesama mitra. Kalis sendiri ingin dirinya bisa menjadi inspirasi bagi siapapun agar terus maju dan tidak mudah menyerah oleh keterbatasan," tulis Grab.
(prf/ega)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed