DetikNews
Jumat 01 Februari 2019, 17:20 WIB

Bawaslu Buka Kemungkinan Panggil Rudiantara soal 'Yang Gaji Kamu Siapa'

Dwi Andayani - detikNews
Bawaslu Buka Kemungkinan Panggil Rudiantara soal Yang Gaji Kamu Siapa Menkominfo Rudiantara dilaporkan ke Bawaslu soal 'yang gaji kamu siapa'. (Lamhot Aritonang/detikcom)
Jakarta - Menkominfo Rudiantara dilaporkan ke Bawaslu terkait pernyataannya soal 'yang gaji kamu siapa?'. Bawaslu mengatakan pihaknya tidak menutup kemungkinan akan memanggil Rudiantara.

"Iya, tidak menutup kemungkinan akan dipanggil," ujar anggota Bawaslu Mochammad Afifuddin kepada detikcom, Jumat (1/2/2019).

Bawaslu memastikan akan memproses laporan dari ACTA kepada Rudiantara. Laporan ini akan diproses melalui tahapan pemeriksaan dan klarifikasi.

"Lagi kita bahas, yang pasti akan kita proses, minta klarifikasi dan lain-lain. Mau diklarifikasi dan diperiksa," kata Afif.

Dalam laporannya, ACTA menduga Rudiantara melakukan pelanggaran pemilu. ACTA menilai pernyataan Rudiantara di hadapan ASN Kemenkominfo sebuah penggiringan opini.

Pernyataan Rudiantara bermula saat dia meminta pegawainya memilih satu di antara dua desain stiker, Kamis kemarin (31/1). Konteksnya sebetulnya bukan mengenai pilihan di Pilpres 2019, melainkan memang melalui voting sorakan terdengar lebih banyak yang memilih desain nomor 2 yang berwarna putih.

Seorang pegawai yang memilih desain nomor 2 lalu ditanya alasannya oleh Rudiantara. Pegawai itu lalu memberi jawaban yang mengarah ke pilpres. Saat pegawainya itu kembali ke tempat, terlontarlah pertanyaan dari Rudiantara 'yang gaji kamu siapa'.

Kebetulan di Pilpres 2019, pasangan nomor 02 adalah Prabowo Subianto-Sandiaga Uno. Sedangkan Presiden Jokowi yang merupakan petahana dan berpasangan dengan KH Ma'ruf Amin mendapat nomor urut 01.


Simak Juga 'Detik-detik Menkominfo Tanyakan #YangGajiKamuSiapa':

[Gambas:Video 20detik]



Ikuti perkembangan terbaru Pemilu 2019 hanya di detikPemilu.
(dwia/dkp)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: promosi[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com
News Feed