detikNews
Rabu 30 Januari 2019, 11:08 WIB

14 WN Amerika Serikat Huni LP Nusakambangan

Andi Saputra - detikNews
14 WN Amerika Serikat Huni LP Nusakambangan Ilustrasi (dok.detikcom)
Jakarta - 14 Warga Negara (WN) Amerika Serikat menghuni Lapas-lapas di Nusakambangan, Jawa Tengah. Mereka dihukum dari berbagai kasus.

Hal itu terungkap saat konsulat Amerika, Jenifer T. Siregar lakukan lawatan ke Ditjen Pemasyarakatan yang diterima Dirjen Pas Sri Puguh Budi Utami.

Dalam konjungannya itu, Jenifer mengutarakan bahwa lawatan yang ia lakukan untuk mengetahui sejauh mana tugas pokok dan fungsi dari Ditjen Pemasyarakatan. Ia juga menyampaikan rasa terimakasihnya kepada Ditjen Pemasyarakatan sudah memperlakukan warga negaranya dengan baik.

Selain itu ia juga menuturkan dengan kondisi yang over kapasitas hingga 106 persen di Lapas dan Rutan Indonesia, namun di Nusakambangan tidak terlihat over.

Utami menyatakan saat ini sedang dilakukan pembangunan Lapas Super Maximum Security. Di mana narapidana yang sudah baik dan melakukan perubahan perilaku akan dipindahkan ke Lapas Maximum Security, dan seterusnya sampai penempatan di Lapas Minimum Security agar Narapidana bisa melakukan reintegrasi sosial.

"Jika sebelumnya sistem kami memperlakukan narapidana berdasarkan lama hukuman yang dijalani, saat ini sudah beralih dengan memperlakukan narapidan berdasarkan perilaku bukan waktu," kata Utami sebagaimana dikutip dari website Kemenkumham, Rabu (30/1/2019).

Dalam kesempatan itu pula, Utami menjelaskan bagaimana proses pemindahan Narapidana dari satu lapas ke lapas lain, juga terkait bagaimana proses yang dilakukan saat melakukan kunjungan terhadap narapidana yang berada di Nusakambangan.


(asp/rvk)
Kontak Informasi Detikcom
Redaksi: redaksi[at]detik.com
Media Partner: kerjasama[at]detik.com
Iklan: sales[at]detik.com